Apa Benar Merokok di Kabin Bisa Merusak AC Mobil?

Kompas.com - 15/08/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Merokok merupakan aktivitas yang digemari oleh sebagian orang. Maka dari itu, orang biasa merokok di mana saja selagi ada kesempatan, termasuk saat dalam perjalanan.

Katanya, merokok di dalam kabin bisa merusak AC mobil, maka dari itu banyak orang memilih mematikan AC dan membuka jendela ketika merokok di dalam kabin.

Namun, apakah benar merokok di dalam kabin bisa merusak AC mobil?

Baca juga: Bukan Asap Rokok, Ini 3 Kebiasaan yang Bikin AC Mobil Rusak

Ilustrasi pemantik rokok di mobilDok. Autoindustriya.com Ilustrasi pemantik rokok di mobil

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan, mengatakan asap rokok yang bersirkulasi di dalam kabin saat AC bekerja sebenarnya tidak merusak secara langsung, paling hanya menyebabkan bau tidak sedap.

“Rusak dalam arti yang sebenarnya ya tidak, paling ya bau, karena bau asap rokok kan sulit hilang, nanti akan bermasalah jika bertemu dengan orang yang tidak suka bau asap rokok,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Dia mengatakan jika bau tidak sedap diartikan masalah bagi seseorang, maka bisa dikatakan asap rokok bisa merusak AC mobil. Karena asap rokok itu karakternya lengket dan menempel cukup lama di benda-benda di sekitarnya.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Bau Asap Rokok di Kabin Mobil

Ilustrasi zat berbahaya di dalam rokokfreepik Ilustrasi zat berbahaya di dalam rokok

“Saya pernah menjumpai mobil pelanggan, dia perokok berat, setiap saat dia merokok di dalam mobil dengan AC menyala, itu AC tetap dingin tapi kabinnya bau asap rokok, begitu filter kabin dibongkar warnanya kuning kecoklatan dan lengket, itu susah dibersihkan,” ucap Agus.

Dia juga mengatakan bagi orang yang biasa merokok, maka bau asap rokok bukan lah menjadi masalah. Sehingga, asap rokok sama sekali tidak membuat AC mobil rusak. Nyatanya, AC mobil tetap dingin dan embusan anginnya kencang.

Jadi, secara garis besar asap rokok tidak merusak AC mobil tapi hanya menyebabkan bau tidak sedap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.