Kompas.com - 09/08/2022, 19:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Yaris Ativ atau Vios generasi keempat akhirnya memulai debutnya di Thailand. Sedan segmen B ini dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Seperti diketahui, platform ini juga dipakai pada model seperti Perodua Ativa/Daihatsu Rocky/Toyota Raize serta Perodua Alza/Toyota Avanza dan Veloz/Daihatsu Xenia.

Dilansir dari Paultan (9/8/2022), Vios baru sedikit lebih besar dari pendahulunya. Di atas kertas, mobil ini berukuran panjang 4.425 mm (+5 mm), lebar 1.740 mm (+10 mm) dan tinggi 1.480 mm (+5 mm).

Baca juga: Trik Jahat Masukkan Garam ke Oli Mesin Sudah Ada sejak Dulu

Toyota ViosPAULTAN.org Toyota Vios

Sementara jarak sumbu roda telah bertambah secara signifikan menjadi 2.620 mm, dan seluruhnya 70 mm lebih panjang dari sebelumnya.

Melihat tampilannya, Vios terbaru terlihat mirip dengan Corolla Altis atau Camry dengan wujud yang lebih besar.

Bicara soal mesin, Vios di Thailand mematuhi peraturan eco car negara itu dengan menggunakan mesin bensin 4 silinder 3NR-VE 1.2 liter naturally-aspirated yang menghasilkan 94 PS atau setara 92 tk pada 6.000 rpm dan 110 Nm pada 4.400 rpm.

Baca juga: Royal Enfield Hunter 350 Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 27 Jutaan

Mobil ini mengusung transmisi girboks Super CVT-i dan diklaim mampu menghasilkan 23,3 km per liter, memenuhi standar Euro 5 dan tersedia tiga mode berkendara (Eco, Normal dan Olahraga).

Dari segi harga, varian Sport dijual seharga 539.000 baht atau setara Rp 226 jutaan di Thailand. Lalu diikuti oleh varian Smart seharga 584.000 baht atau setara Rp 230 jutaan.

Adapun varian Premium dijual seharga 659.000 baht atau setara Rp 276 jutaan dan Premium Luxury dengan harga tertinggi di 689.000 baht atau setara Rp 289 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.