SIM yang Masa Berlakunya Habis Harus Bikin Baru

Kompas.com - 09/08/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu permasalah yang sering menimpa sebagian besar pemilik kendaraan bermotor adalah lupa atau telat melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Terlebih lagi saat ini masa berlaku SIM bukan berdasarkan tanggal lahir tetapi sesuai tanggal pembuatan, meski masa berlakunya tetap lima tahun. Lantas bagaimana jika Anda telat melakukan perpanjangan SIM?

Menurut Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 Pasal 11, SIM diterbitkan oleh pihak Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang.

Baca juga: 15 Langkah Cara Perpanjang SIM Pakai Aplikasi Sinar

Perlu Anda pahami, jika telat melakukan perpanjangan SIM dan masa berlakunya habis, maka SIM tersebut akan dianggap mati.

Jadi, ketika lupa memperpanjang SIM bahkan melewati tenggat waktu solusinya hanya satu, yakni kembali membuat SIM baru. Sehingga, perlu melakukan berbagai tahap lagi seperti tes tulis dan praktik.

Adapun kewajiban mengenai perpanjangan SIM harus disadari oleh setiap pengendara, apapun jenis kendaraan yang dibawa.

Biaya perpanjang SIM C tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016KOMPAS.com/Ryana Aryadita Biaya perpanjang SIM C tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016

SIM atau surat izin mengemudi merupakan surat yang wajib dibawa sepanjang berkendara. Jika tidak membawa dokumen tersebut, maka dinilai tidak sah untuk berkendara. Bahkan bisa ditilang oleh pihak yang berwenang.

Maka dari itu pihak berwenang selalu mengingatkan bahwa demi menjaga rasa nyaman dan aman, pemilik SIM harus melakukan perpanjangan SIM minimal 14 hari sebelum masa berlaku habis.

Dengan memberikan jangka waktu 14 hari, maka Anda tidak perlu panik sepanjang proses perpanjangan karena masih banyak waktu yang tersedia jika memang tiba-tiba ada kepentingan mendadak atau kantor Satpas setempat sedang ramai.

Baca juga: Leasing Belum Incar Pembiayaan Kendaraan Listrik

Bahkan untuk perpanjang SIM sendiri, pemohon tidak wajib datang ke kantor Satpas terdekat. Sudah tersedia gerai layanan perpanjangan SIM di beberapa titik keramaian dan juga layanan SIM keliling, khususnya untuk SIM A dan SIM C.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.