Kompas.com - 08/08/2022, 20:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejalan dengan tema yang dibawa yakni 'The Future is Bright', pameran Gaikindo Indonesia Intenational Auto Show (GIIAS) tahun ini akan berfokus pada pengenalan teknologi kendaraan listrik berbasis baterai.

Berbagai perserta yang terdiri dari sejumlah produsen otomotif berskala besar di dunia pun ikut menggelorakan hal tersebut dengan membawa produk elektrifikasi terbaiknya. Seperti, Toyota melalui SUV listrik terbarunya, bZ4X.

Namun dari sisi penyaluran kredit, belum ada target khusus yang dipasang untuk segmen kendaraan ramah lingkungan ini. Termasuk program untuk merangsang daya beli pengunjung terhadap mobil listrik nanti.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 Jadi Mobil Listrik Terlaris di Indonesia

TAM mengimpor crossover listrik bZ4X secara utuh dari Jepang alias berstatus completelty built-up (CBU). Toyota USA TAM mengimpor crossover listrik bZ4X secara utuh dari Jepang alias berstatus completelty built-up (CBU).

Alasannya, belum semua agen pemegang merek (APM) mobil di Indonesia yang sudah berani memasarkan mobil listrik. Di samping itu, kontibusi segmen ini pun masih rendah yaitu 0,8 pesen yoy dari total pasar otomotif roda empat.

"Astra Financial sebagai sponsor utama di GIIAS 2022 sangat supportif terhadap electric vehicle di Indonesia. Tetapi saat ini relatively masih kecil, ada brand yang sudah ada produknya, ada yang belum," kata Director-in-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin di Jakarta, Senin (8/8/2022).

"Jadi saat pelaksanaan GIIAS 2022, bahkan meski bukan merek Astra (Toyota), pembeliannya kredit dan butuh difasilitasi, kami siap salurkan pembiayaannya," lanjut dia.

Astra Finance sendiri, hanya menargetkan penyaluran pembiayaan secara total dari GIIAS 2022 yang berlangsung di ICE BSD, Tangeang Selatan sebesar Rp 1,5 triliun atau hampir dua kali lipat dari pencapaiannya tahun lalu.

Baca juga: Kredit Motor Tidak Berpengaruh dengan Kenaikan Harga BBM

Mobil listrik Wuling Air evKompas.com/Donny Mobil listrik Wuling Air ev

Di sisi lain, Project Director Astra Financial GIIAS 2022, Tan Chian Hok menyebut bahwa sebenarnya target penjualan kendaaan listrik kembali lagi pada APM di Indonesia masing-masing.

Perusahaan pembiayaan, hanya fasilitator sebagai penyaluran kredit saja. Jadi, apabila ada yang membeli mobil listrik dan butuh fasilitas terkait perseroan akan senantiasa memberikannya.

"Kalau kendaraan listrik sendiri, itu kan yang menjual APM bukan kami. Maka dari itu, targetnya dari Gaikindo. Tapi kalau mereka jual dan ada pengajuan kredit tentu kita akan biayai," kata dia.

"Untuk skema kredit kendaraan listrik, sama saja dengan mobil konvensional ya (internal combustion engine/ICE)," lanjut Ahok, panggilan akrabnya.

Baca juga: Tidak Murah, Segini Biaya Konversi Motor Listrik

Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.

Sementara soal program penyaluran kredit kendaraan listrik yang belum dapat perhatian khusus, pihak perseroan tidak menjelaskannya secara spesifik. Tapi sejauh ini, perseroan mengaku sudah membiayai beberapa kendaraan serupa.

"Dalam dua tahun belakangan ini kita selalu mengevaluasi. Portofolio range dari kendaraan listrik dan ICE berbeda. Kita terus mengikutinya dan mempelajarinya. Bukan hanya dari sisi pembiayaan tapi juga asuransinya," kata Suparno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.