Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota GR Yaris Rebut Juara Kejurnas Danau Toba Rally 2022

Kompas.com - 08/08/2022, 18:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) kembali merebut juara pertama Kejurnas Danau Toba Rally 2022 yang berlangsung di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara (5 – 7 Agustus 2022).

Hasil positif tersebut membuat pasangan pereli TGRI Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto yang didukung GR Yaris sesuai dengan regulasi AP4 (Asia-Pacific 4WD), memimpin di Kejurnas Rally Indonesia 2022.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, pebalap dan dan engineer TGRI bahu-membahu berjuang bersama-sama menaklukkan trek sepanjang 333,86 kilometer yang sangat menantang.

Baca juga: Ini Bocoran Mobil Baru di GIIAS 2022, Ada Apa Saja?

Pereli Ryan Nirwan dengan co-driver Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia tampil sebagai juara Kejuaraan Nasional  Danau Toba Rally 2022 putaran pertama di kawasan Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (7/8/2022). Ryan Nirwan menjuarai Danau Toba Rally 2022 dengan catatan waktu 1:56:07.2.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pereli Ryan Nirwan dengan co-driver Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia tampil sebagai juara Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally 2022 putaran pertama di kawasan Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (7/8/2022). Ryan Nirwan menjuarai Danau Toba Rally 2022 dengan catatan waktu 1:56:07.2.

“Selamat kepada tim Toyota Gazoo Racing Indonesia. Kesempatan untuk menghadirkan GR Yaris sebagai Pure GR yang membawa DNA motorsport Toyota dari ajang balap reli dunia WRC, memberikan kami peluang untuk meraih hasil positif dari lintasan rally di Sumatera Utara yang terkenal keras dan sulit ditaklukkan,” ujar Anton, dalam keterangan tertulis (8/8/2022).

Seperti diketahui, lintasan reli di kawasan HTI TPL Sektor Aek Nauli, Simalungun pernah menjadi lokasi untuk event motorsport internasional.

Di antaranya sebagai trek special stage (SS) World Rally Championship (WRC) pada tahun 1996 dan 1997. Kemudian, kejurnas reli pada tahun 2007, 2019 dan 2021.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Pakai Aplikasi Signal

Sementara di ajang Kejurnas Danau Toba Rally 2022, seluruh peserta menempuh jarak total sepanjang 333,86 km yang terbagi dalam 7 SS yang terbentang di kawasan Aek Nauli, Gorbus, dan Huta Tonga.

“Saya dan Adi sangat bersyukur karena tim TGRI dapat menemukan setting terbaik pada GR Yaris AP4 sehingga kami dapat memaksimalkan performanya untuk meraih juara pertama di Kejurnas Danau Toba Rally 2022,” ucap pembalap TGRI Ryan Nirwan.

“Jujur track-nya tidak hanya menantang, tapi juga sangat panjang di mana durabilitas dari GR Yaris AP4 pun diuji sehingga menuntut kami untuk tetap fokus saat mengemudikannya dalam melalui 7 special stage,” kata dia.

Baca juga: Biaya Resmi Bikin SIM C per Agustus 2022

Warga menyaksikan Kejuaraan Nasional  Danau Toba Rally 2022 putaran pertama di kawasan Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (6/8/2022). Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing memimpin klasemen sementara hingga Special Stage 6.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Warga menyaksikan Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally 2022 putaran pertama di kawasan Hutan Tanaman Industri Toba Pulp Lestari, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (6/8/2022). Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing memimpin klasemen sementara hingga Special Stage 6.

Fumitaka Kawashima, Marketing Director PT TAM, mengatakan, GR Yaris yang digunakan oleh pereli TGRI telah dimodifikasi dengan merujuk pada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4) agar dapat berlaga di kelas M1 (Sedan All Wheel Drive) kategori A.

“Mobil ini telah memperoleh pengembangan teknis yang membuatnya lebih ringan dengan adanya pengurangan bobot di beberapa area, lebih aerodinamis dengan penyematan body kit yang gagah dan fungsional, serta lebih responsif berkat sentuhan pada mesin dan transmisi all wheel drive (AWD),” kata Kawashima, pada kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com