Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Inggris 2022; Bagnaia Juara, Zarco Crash

Kompas.com - 07/08/2022, 19:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia berhasil menjadi yang tercepat pada gelaran MotoGP Inggris 2022, Minggu (7/8/2022), di Sirkuit Silverstone.

Rider Aprilia Maverick Vinales meraih podium kedua, dan rekan setim Pecco Bagnaia, Jack Miller ada di posisi ketiga saat finish.

Balapan apik juga ditunjukan Enea Bastianini yang mampu finish di posisi empat. Padahal, pebalap Gresini Ducati itu memulai balapan dari posisi delapan, dan sempat terlempar keluar 10 besar.

Pemegang puncak klasemen, Fabio Quartararo finish di posisi delapan, diikuti Aleix Espargaro yang finish di posisi sembilan.

Jalannya Balapan

Jalannya balap pada MotoGP Inggris 2022 yang digelar di Sirkuit Silverstone tak kalah seru dari seri-seri sebelumnya. Sejak sesi kualifikasi, persaingan antar pebalap sangat ketat.

Johann Zarco berhasil meraih pole position dan mencetak rekor baru di Silverstone. Selepas start, Zarco langsung melesat lewati tikungan pertama dan memimpin jalannya balapan.

Fabio Quartararo berhasil merangsek ke posisi kedua. Namun, Quartararo masih harus melakukan penalti Long Lap. Sementara posisi ketiga, tetap ditempati oleh Jack Miller.

Maverick Vinales yang start dari posisi kedua malah merosot hingga posisi kelima. Rekan setimnya, Aleix Espargaro, bertahan di posisi ketujuh pada lap pertama.

Masuk lap kedua, Quartararo sudah mendapatkan notifikasi pada motornya untuk melakukan penalti Long Lap. Sementara jaraknya dengan Zarco yang ada di posisi terdepan cukup dekat.

Alih-alih melakukan penalti Long Lap, Quartararo malah memberikan tekanan pada Zarco dengan mencoba menyalipnya. Sementara itu, Alex Rins terus memperbaiki posisinya. Setelah start dari posisi ke-11, dia sudah naik ke posisi keempat pada lap ketiga.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022. (Photo by ADRIAN DENNIS / AFP)ADRIAN DENNIS Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022. (Photo by ADRIAN DENNIS / AFP)

Memasuki lap keempat, Quartararo akhirnya melakukan penalti Long Lap. Kondisi ini membuatnya kehilangan banyak posisi. Quartararo kembali ke barisan di posisi kelima. Sementara pesaing ketatnya, Aleix, masih ada di belakangnya dengan bertahan di posisi kedelapan.

Masuk lap kelima, Zarco malah terjatuh. Dia mengalami low side di tikungan 8 saat memimpin jalannya balapan. Miller pun langsung mengambil alih jalannya balapan. Tapi, tak butuh waktu lama, Rins berhasil menyalipnya. Miller dengan ban depan soft berhasil merebut kembali posisi terdepan.

Pada lap ketujuh, Rins berhasil memimpin jalannya balapan. Pebalap Suzuki ini diikuti oleh Miller dan Francesco Bagnaia dengan jarak yang cukup dekat. Quartararo masih berjuang mengejar barisan terdepan dari posisi keempat.

Sayangnya, Quartararo tak cukup kuat membendung tekanan dari pebalap Ducati di belakangnya, yakni Jorge Martin. Pebalap Pramac Racing tersebut berhasil merebut posisi Quartararo.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com