Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Ungkap Pentingnya Pengetahuan soal Aerodinamika pada MotoGP

Kompas.com - 06/08/2022, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati menjadi pabrikan paling inovatif di kelas MotoGP. Pabrikan asal Italia ini selalu mengeluarkan inovasi menarik tiap musimnya.

Untuk diketahui, penggunaan winglet atau aero fairing yang digunakan pada semua motor MotoGP sekarang ini berawal dari Ducati. Banyak pabrikan yang terinspirasi dari inovasi tersebut.

Baca juga: Ducati Tertarik Rekrut Marc Marquez

Winglet atau aero fairing digunakan untuk membuat bagian depan motor tetap menyentuh aspal saat berakselerasi. Sehingga, kontrol traksi tidak bekerja untuk memutus tenaga dan motor tetap mendapatkan traksi yang maksimal.

Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

Direktur Balap Ducati Gigi Dall'Igna, mengatakan, pengetahuan mengenai aerodinamika adalah aspek yang penting. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memaksimalkan aerodinamika pada motor.

"Pada satu sisi bisa untuk membuat motor produksi yang kencang, di sisi lain untuk menjauhkan hawa panas dari pengendara," ujar Dall'Igna, dikutip dari Speedweek.com, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Honda Sebut Motor Ducati Bagus, tapi Tanpa Pebalap Jadi Juara Dunia

Dall'Igna mengatakan, ada banyak hal yang bisa dilakukan jika seseorang memiliki cukup pengetahuan soal teknologi aerodinamika.

Jack Miller saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Jack Miller saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Pada MotoGP, aerodinamika tidak berguna hanya untuk membuat motor jadi lebih kencang. Tapi juga dapat membantu menjaga temperatur mesin dan ban, sehingga tidak mengalami overheat.

Aerodinamika juga tidak hanya diaplikasikan pada motor. Tapi, pabrikan helm juga berlomba-lomba untuk mengembangkan produknya agar lebih aerodinamis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com