Pengaruh Kaca Film Terhadap Performa AC Mobil di Siang Hari

Kompas.com - 06/08/2022, 15:42 WIB
|

KLATEN, KOMPAS.com - Cuaca yang panas membuat pengendara mobil membutuhkan pendinginan kabin yang prima.

Jika performa Air Conditioner (AC) tak optiimal, bisa dipastikan kenyamanan penumpang dan pengendara selama perjalanan bakal terganggu.

Tapi selain merawat AC, rupanya ada cara lain yang bisa mengoptimalkan kesejukan kabin mobil, yaitu dengan memasang kaca film.

Pemilik John AC Joni, mengatakan meski performa AC bagus, kadang di kabin terasa kurang sejuk, makanya ada kaca film yang bisa meredam panas dari sinar matahari.

Baca juga: Apa Benar Menggunakan Kaca Film Bisa Buat Mobil Lebih Hemat BBM?

kaca film VKOOLVKOOL kaca film VKOOL

“Tidak hanya untuk menjaga privasi pengendara, kaca film juga menunjang kerja AC mobil dalam menyejukkan kabin mobil dengan meredam cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin,” ucap Johni kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022).

Johni mengatakan, kaca film yang bagus dapat bekerja secara optimal menyejukan kabin mobil. Cahaya yang seharusnya masuk, ditahan sehingga panasnya sebagian tidak masuk di dalam kabin.

Kaca film kan macam-macam kualitasnya, ada yang bagus, standar dan kurang bagus,” ucap Johni.

Baca juga: Jangan Asal Gelap, Pasang Kaca Film Mobil Ada Aturannya

Kaca film MazdaICE-µ Premium Window Film Kaca film Mazda

Dia mengatakan, untuk kaca film yang biasa banyak diminati adalah yang standar, selain memperhatikan harga kualitas juga menjadi perhatian khusus.

“Standar untuk mobil-mobil pribadi, itu Rp 500.000-an penuh, kalau yang bagus bisa sampai Rp 2,5 jutaan,” ucap Johni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.