Alasan Lain Kenapa Tameng Besi Cuma Dipasang pada Kaca Depan Bus

Kompas.com - 04/08/2022, 20:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar bus antarkota antarprovisni (AKAP) yang beroperasi di Sumatera menggunakan tameng besi. Fungsinya untuk melindungi kaca dari lemparan batu.

Untuk daerah tertentu, kasus bus dilempari batu masih marak terjadi. Bahkan bukan cuma kaca depan yang jadi target, bagian samping pun kerap pecah karena batu.

Jika ada tameng di bagian depan kaca bus, kenapa bagian samping juga tidak dipasang aksesori yang serupa?

Baca juga: Tantangan Desainer Bus Bikin Spion Kamera Tampak Menarik

Tameng buspalembang baru Tameng bus

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, tameng besi tidak bisa dipasang pada bagian samping, mengingat konstruksi dari bodi bus.

"Kalau dipasang di samping bisa merusak bodi. Untuk memasang tameng, harus ada mur tanam dalam bodi. Untuk di depan, mur ditanam di pilar, kalau di bodi tida bisa," ucap Yohan kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: BBM Nonsubsidi Makin Mahal, Ubah Gaya Berkendara Mobil Matik biar Irit


Pada bagian pilar, ada besi penguat, jadi pemasangan mur aman dilakukan. Beda halnya kalau di samping, hanya ke bodi saja sehingga berisiko terlepas.

Selain itu, tidak dipasangnya tameng pada bagian samping juga dilakukan untuk jaga-jaga saat kondisi darurat. Ketika bus terguling, kaca samping bisa dijadikan jalur evakuasi, jadi jangan dihalangi dengan tameng besi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.