Kompas.com - 04/08/2022, 16:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sirkuit Silvestone di Inggris punya sejarah panjang dalam penyelenggaraan MotoGP. Grand Prix yang pertama kali digelar di Silverstone berlangsung pada 1977 dan menjadi balap sepeda motor pertama di daratan Inggris.

Sebelum 1977, seri kejuaraan dunia di Inggris bertempat di lintasan sepanjang 60,72 km di Sirkuit Isle of Man TT sejak 1949. Balapan lalu dipindah dari Isle of Man karena alasan keamanan.

Akhir pekan ini, Sirkuit Silverstone kembali menggelar Grand Prix untuk ke-12 kalinya, sejak kejuaraan dunia MotoGP kembali digelar di sana pada 2010, menyusul jeda selama 23 tahun.

Baca juga: Toyota All New Avanza-Veloz Sudah Ada Bekasnya, Simak Harganya

Pebalap Yamaha Factory Racing asal Spanyol, Jorge Lorenzo, memacu motornya di Sirkuit Silverstone pada sesi latihan bebas tiga GP Inggris, Sabtu (31/8/2013).MOTOGP.COM Pebalap Yamaha Factory Racing asal Spanyol, Jorge Lorenzo, memacu motornya di Sirkuit Silverstone pada sesi latihan bebas tiga GP Inggris, Sabtu (31/8/2013).

Meski begitu, balapan pernah ditiadakan di sana pada 2018 karena kondisi trek dan pada 2020 karena pandemi.

Tercatat, Jorge Lorenzo menjadi pebalap tersukses di Silverstone pada era MotoGP dengan meraih tiga kemenangan pada 2010, 2012 dan 2013.

Sementara Yamaha jadi pabrikan paling sukses di Silverstone dengan delapan kemenangan, termasuk lima di kelas MotoGP: Jorge Lorenzo (2010, 2012, 2013), Valentino Rossi (2015) dan Fabio Quartararo (2021).

Baca juga: Chery Serius Berbisnis di Indonesia, Bakal Bangun 40 Diler Tahun Ini

Honda terakhir merasakan podium teratas Silverstone lewat kemenangan Marc Marquez pada 2014 dari pole position.

Selain itu, Honda memiliki lima kemenangan kelas premier di trek itu termasuk dua di kelas MotoGP sejak 2010 dengan Casey Stoner (2011) dan Marquez (2014).

Bicara soal prestasi, Suzuki justru punya kenangan indah di Silverstone. Pada 2016, Maverick Vinales mempersembahkan kemenangan pertama bagi Suzuki di MotoGP sejak Chris Vermeulen memenangi trek basah GP Perancis 2007.

Baca juga: Ini yang Menyebabkan Honda Civic Wonder Banyak Dicari

Pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Maverick Vinales, merayakan keberhasilannya finis di urutan pertama pada balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016).MOTOGP.COM Pebalap Suzuki Ecstar asal Spanyol, Maverick Vinales, merayakan keberhasilannya finis di urutan pertama pada balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016).

Itu merupakan podium pertama Suzuki di era MotoGP dan kemenangan pertama bagi pabrikan itu di Silverstone sejak Franco Uncini memenangi balap 500 cc di GP Inggris 1982.

Paling baru, Alex Rins yang mempersembahkan kemenangan untuk Suzuki pada 2019. Suzuki tercatat meraih enam kemenangan kelas premier di Silverstone.

Sedangkan Ducati baru mengantongi satu kemenangan kelas premier di Silverstone lewat Andrea Dovizioso pada 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.