Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periksa Sedetail Mungkin Sebelum Beli Motor Custom

Kompas.com - 02/08/2022, 19:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Motor custom kini menjadi salah satu pilihan bagi para penggemar kendaraan roda dua. Dengan motor custom, pembeli bisa membeli motor dengan desain dan spek impian.

Namun, bagi yang memiliki rencana ingin membeli motor custom jangan mudah tergiur dengan desain dan harga dari jasa pembuatan. Calon pembeli motor custom harus terlebih dahulu memiliki perencanaan yang matang.

Baca juga: Setelah Soul GT, Yamaha Suntik Mati Mio Z

Deddy Dermawanto owner DJ Custom mengatakan jika calon pembeli haruslah memeriksa kecocokan surat dan kelengkapan keamanan motor.

“Mulai dari spion dan lampu sen harus diperiksa. Kemudian dari bengkel mana motor tersebut diproduksi. Proses built itu yang penting karena berpengaruh dengan ketahanan dan hasil finishingnya,” kata Deddy kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022).


Kemudian, Dadan Ramdana Owner Kabayan Garage mengatakan jika hendaknya pembeli harus paham jika motor custom berbeda dengan motor dari pabrikan.

“Kalau motor hasil pabrikan kan memang sudah dirancang senyaman mungkin mengikuti standar pabrik. Kalau motor custom itu nggak, dia mengikuti standar kenyamanan dari pemiliknya,” kata Dadan kepada Kompas.com belum lama ini.

Maka dari itu, Dadan menyarankan agar setiap calon pembeli motor custom harus tau risiko yang telah diterima. 

Apabila motor mogok atau tidak nyaman saat dipakai, maka pemilik motor telah mengetahui risikonya.

Kabayan Garage Tempat Custom motor  di BogorJanlika Putri/ Kompas.com Kabayan Garage Tempat Custom motor di Bogor

 Baca juga: Alasan Pelajar Tak Dianjurkan Bawa Motor ke Sekolah

Sementara itu, Andi “Atenx” Akbar, punggawa Katros Garage menyarankan agar membawa teman atau rekan yang mengerti tentang motor custom saat berkunjung ke bengkel motor custom.

“Bagi yang masih baru namun tertarik ingin membeli motor custom lebih baik mengajak teman atau rekan yang mengerti tentang motor custom. Mereka akan membantu untuk memeriksa apakah motor custom tersebut apakah sudah layak atau belum,” kata Atenx kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com