Periksa Sedetail Mungkin Sebelum Beli Motor Custom

Kompas.com - 02/08/2022, 19:31 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Motor custom kini menjadi salah satu pilihan bagi para penggemar kendaraan roda dua. Dengan motor custom, pembeli bisa membeli motor dengan desain dan spek impian.

Namun, bagi yang memiliki rencana ingin membeli motor custom jangan mudah tergiur dengan desain dan harga dari jasa pembuatan. Calon pembeli motor custom harus terlebih dahulu memiliki perencanaan yang matang.

Baca juga: Setelah Soul GT, Yamaha Suntik Mati Mio Z

Deddy Dermawanto owner DJ Custom mengatakan jika calon pembeli haruslah memeriksa kecocokan surat dan kelengkapan keamanan motor.

“Mulai dari spion dan lampu sen harus diperiksa. Kemudian dari bengkel mana motor tersebut diproduksi. Proses built itu yang penting karena berpengaruh dengan ketahanan dan hasil finishingnya,” kata Deddy kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022).


Kemudian, Dadan Ramdana Owner Kabayan Garage mengatakan jika hendaknya pembeli harus paham jika motor custom berbeda dengan motor dari pabrikan.

“Kalau motor hasil pabrikan kan memang sudah dirancang senyaman mungkin mengikuti standar pabrik. Kalau motor custom itu nggak, dia mengikuti standar kenyamanan dari pemiliknya,” kata Dadan kepada Kompas.com belum lama ini.

Maka dari itu, Dadan menyarankan agar setiap calon pembeli motor custom harus tau risiko yang telah diterima. 

Apabila motor mogok atau tidak nyaman saat dipakai, maka pemilik motor telah mengetahui risikonya.

Kabayan Garage Tempat Custom motor  di BogorJanlika Putri/ Kompas.com Kabayan Garage Tempat Custom motor di Bogor

 Baca juga: Alasan Pelajar Tak Dianjurkan Bawa Motor ke Sekolah

Sementara itu, Andi “Atenx” Akbar, punggawa Katros Garage menyarankan agar membawa teman atau rekan yang mengerti tentang motor custom saat berkunjung ke bengkel motor custom.

“Bagi yang masih baru namun tertarik ingin membeli motor custom lebih baik mengajak teman atau rekan yang mengerti tentang motor custom. Mereka akan membantu untuk memeriksa apakah motor custom tersebut apakah sudah layak atau belum,” kata Atenx kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.