Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Meluncur, Suzuki S-Presso Pakai Transmisi AGS

Kompas.com - 02/08/2022, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Suzuki S-Presso di Indonesia tampaknya akan terwujud tidak lama lagi.

Rumors menyebutkan bahwa city car dari Suzuki ini bakal melantai di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada Agustus mendatang.

Spekulasi ini semakin diyakini melalui unggahan di media sosial resmi Instagram Suzuki pada Kamis (28/7/2022), yang menampilkan siluet diduga kuat merupakan Suzuki S-Presso, lengkap dengan keterangan tanggal peluncurannya.

Baca juga: Selain S-Presso, Suzuki Bakal Luncurkan Baleno Facelift?

“Step up your game on 11.08.2022. Be ready!,” tulis unggahan tersebut.

Beberapa diler Suzuki di Jakarta bahkan sudah membuka keran pemesanan dan membocorkan spesifikasi kendaraan city car dari Suzuki itu.

“Tanggal 11 Agustus baru launching, tapi kita sudah open inden. Untuk S-Presso tipe MT Rp 155 juta dan tipe AGS Rp 164 juta,” ucap tenaga penjual Suzuki di Bekasi, Senin (1/7/2022).

Transmisi Auto Gear Shift pada Suzuki Karimun Wagon R GS.Otomania-Stanly Ravel Transmisi Auto Gear Shift pada Suzuki Karimun Wagon R GS.

Bicara soal transmisi, belum banyak masyarakat yang paham cara kerja transmisi Auto Gear Shift (AGS) yang disematkan pada Suzuki S-Presso.

Pasalnya, kebanyakan mobil matik saat ini menggunakan transmisi Automatic Manual Transmission (AMT), Automatic Transmission (AT), dan Continuously Variable Transmission (CVT).

Pada prinsipnya AGS bekerja seperti mobil bertransmisi otomatis. Namun ada perbedaan, karena ini adalah transmisi berbasis manual yang dapat memindahkan gigi secara otomatis sehingga tidak diperlukan pedal kopling.

Teknologi AGS bekerja dengan mengintegrasikan sistem aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Module (TCM). Fungsinya untuk mengatur kerja kopling, perseneling gigi, dan mesin.

Lewat mekanisme ini, pengemudi bisa menikmati sensasi transmisi manual tanpa perlu repot menekan pedal kopling.

Baca juga: AC Mobil Tidak Dingin tapi Selangnya Beku, Ini Penyebabnya

Pada dasarnya, teknologi ini serupa dengan Automatic Manual Transmission (AMT), memakai girboks dengan kopling kering layaknya mobil manual. Tapi peran kerja kopling dikendalikan oleh sebuah pompa yang diatur secara elektronik.

Di Indonesia sendiri jenis transmisi ini bukan barang baru, karena beberapa mobil city car dari brand Eropa juga sudah ada yang menggunakannya. Suzuki sendiri juga telah menerapkan transmisi AGS pada beberapa produknya seperti Karimun Wagon R dan Suzuki Ignis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com