Efek Terlalu Banyak Mengisi Freon pada AC Mobil

Kompas.com - 02/08/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Air Conditioner (AC) menjadi kebutuhan pokok pada setiap mobil karena manfaatnya yang banyak. Sehingga, performa AC menjadi hal utama yang biasa diperhatikan oleh pengendara selain mesin dan kaki-kaki.

Seperti yang diketahui, freon menjadi zat pendingin pada sistem AC. Sehingga, zat tersebut menjadi elemen utama yang perlu selalu diperhatikan volumenya.

Pengisian freon harus sesuai dengan kebutuhan setiap kendaraan, karena biasanya beda satu mobil dengan lainnya.

Baca juga: Apakah Freon AC Mobil Perlu Diganti secara Berkala?

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, pengisian freon harus pas, tidak kurang dan tidak berlebihan karena itu menentukan performa AC itu sendiri.

“Pengisian freon terlalu banyak bukan malah membuat AC semakin baik performanya, tapi justru menurun karena terjadi tekanan AC yang berlebihan,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022)

Dia mengatakan evaporator bisa menjadi beku ringan atau magnetic clutchnya putus nyambung terlalu cepat. Hal ini tentu malah merugikan bagi sistem AC karena komponen bekerja terlalu berat akibat tekanan freon yang berlebih.

Baca juga: AC Mobil Tak Lagi Sejuk, Jangan Cuma Fokus Tambah Freon

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

“Jika sensor di evaporatornya masih bagus, maka akan memberikan efek putus nyambung magnetic clutch lebih cepat, karena sensor tersebut membaca suhu di evaporator sudah dingin,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan jika freon terlalu penuh sebaiknya dikurangi dengan meminta bantuan ke bengkel yang kompeten di bidangnya. Sebab, mengurangi freon pun tidak bisa asal, tekanan AC harus dibaca sehingga didapatkan volume freon yang pas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.