Jangan Asal, Belajar Mobil Tidak Hanya Sekadar Praktik

Kompas.com - 01/08/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil jadi suatu hal lumrah saat ini. Untuk berlatih, ada berbagai pilihan tempat latihan yang bisa membantu seseorang untuk belajar mengoperasikan mobil hingga kompeten.

Namun sering salah kaprah, berlatih mobil tidak hanya sebatas belajar praktik atau operasional mobil saja. Perlu ada pemahaman teori khususnya tentang aturan di jalan raya untuk menunjang keselamatan berkendara.

Misalnya, pengetahuan akan rambu-rambu lalu lintas, marka jalan dan fungsi lampu-lampu sebagai alat komunikasi pada mobil.

Baca juga: Pakai Sistem ADAS di Wuling Almaz RS, Pengemudi Wajib Tetap Fokus

Dalam memilih tempat mengemudi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar seseorang bisa menjadi pengemudi yang kompeten. 

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, edukasi di awal mengemudi sebelum memohon SIM di Indonesia sangatlah minim. Ini membuat banyak pengemudi yang tidak teredukasi di jalan.

Marcell menjelaskan, tempat pelatihan atau kursus mobil perlu diperhatikan agar dapat benar-benar menghasilkan pengemudi yang kompeten.

Posisi Berkendara Hyundai StargazerKOMPAS.com/Adityo Wisnu Posisi Berkendara Hyundai Stargazer

Baca juga: Harga Pertamina Dex Makin Mahal, Konsumen Hyundai Palisade Cuek

"Seharusnya, kursus mengemudi adalah lembaga yang berstandar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) dan lebih lagi kalau sudah terakreditasi baik dari BAN PNF ataupun dari LA LPK. Sehingga, seluruh kompetensi mengemudi yag dibutuhkan dapat diterima dan pengemudi dapat menjadi pengemudi yang kompeten," ucap Marcell kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Lembaga kursus yang terakreditasi sebagai LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) bisa mengeluarkan sertifikat pelatihan. Sertifikat pelatihan ini dapat membantu pengemudi dalam mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kurikulumnya atau materi yang akan dipelajari nantinya juga dirancang dengan jelas. Dengan terstruktur, calon pengemudi nantinya akan belajar baik praktik maupun teori secara sejalan.

Terakhir, tempat latihan mengemudi yang baik juga pastinya memiliki unit mobil yang dipakai khusus untuk latihan, artinya ia dilengkapi dengan rem dan kopling tambahan untuk dioperasikan oleh instruktur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.