Salah Kaprah Beranggapan Aki Kering Tak Butuh Perawatan

Kompas.com - 01/08/2022, 13:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Menyandang status maintenance free (MF), kebanyakan orang awam langsung beranggapan aki kering tidak butuh perawatan sama sekali. 

Padahal tidak demikian. Aki kering memang tak butuh menambah volume air, namun soal perawatan tetap wajib dilakukan, apalagi bagi mobil yang jarang digunakan.

Andreas Hardjo Pemilik Menyanan Jaya Raya Aki menjelaskan, penggunaan aki kering tetap butuh perawatan. Karena itu jangan beranggapan menggunaannya bebas pemeliharaan.

"Kelemahan aki kering, salah satunya tidak bisa dibiarkan tanpa arus listrik," kata dia kepada Kompas.com, (1/8/2022). 

Baca juga: Boleh atau Tidak Isi Minyak Rem Beda Warna?

Aki kering buatan ABC LithiumKompas.com/Donny Aki kering buatan ABC Lithium

Seperti aki basah, aki kering tetap punya cairan elektrolit. Tetapi, bentuknya tidak cair, melainkan seperti gel yang tak mudah menguap. 

Untuk itu, saat aki kering lama disimpan atau jarang dipakai, disarankan pemilik kendaraan melakukan pengecekan tegangan. Bila rendah, wajib diberikan aliran listrik kembali.

"Cell aki punya panas dan kemampuan mengubah cairan elektrolit jadi listrik tetap terjaga," ucap Andreas. 

Service Advisor Kia Motor Semarang Septi Pradana mengatakan, aki kering lebih bebas perawatan karena cairan yang tak mudah menguap.

Baca juga: Soal LCGC Konsumsi Pertalite, Begini Kata Daihatsu

Cek tegangan voltase akiDicky Aditya Wijaya Cek tegangan voltase aki

Menurut Septi, gel yang menjadi cairan pengganti pada elektrolit baru bisa cair setelah ada aliran listrik. 

"Karena tidak mudah menguap, air aki pada gel tersebut jadi tergolong tahan lama. Penyusutan akan lebih lama dari aki biasa. Tapi, mobil harus sering digunakan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.