Kompas.com - 31/07/2022, 07:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rangkaian pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, akan ditutup dengan demo dari taksi terbang EHang 216, Minggu (31/7/2022).

Taksi terbang tanpa pengemudi ini sebelumnya sudah pernah uji coba diterbangkan. Pertama, pada November 2021 di Bali. Kedua, di Jakarta, pada April 2022, di IIMS Hybrid 2022.

Baca juga: Prestige Berharap EHang 216 Bisa Beroperasi di IKN Baru

Dalam kedua uji coba tersebut, EHang 216 yang dibawa oleh Prestige Aviation masih mengudara secara vertikal saja. Belum berpindah dari satu titik ke titik lainnya, karena saat itu masih belum mendapat perizinan.

EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022

Selain itu, uji coba terbang EHang 216 di Indonesia juga masih tanpa penumpang. Kali ini, untuk pertama kalinya taksi terbang tersebut akan mengudara dengan penumpang di PEVS 2022.

Tentunya, tak sedikit yang khawatir dengan keamanan dari taksi terbang tersebut. Sebab, pengendaliannya dilakukan secara jarak jauh dari pusat komando dan kendali menggunakan saluran transmisi nirkabel 4G atau 5G sebagai kanal komunikasi.

Baca juga: Bamsoet Beli Taksi Drone EHang 216 buat Kirim Barang

Jika dilihat pada lembar spesifikasinya, EHang 216 dilengkapi dengan 16 baling-baling dan 8 lengan yang dapat dilipat. Sehingga, dapat menghemat area parkir.

Taksi terbang Ehang 216 menjalani demo flight di wilayah Klungkung, Bali, Jumat (26/11/2021). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf Taksi terbang Ehang 216 menjalani demo flight di wilayah Klungkung, Bali, Jumat (26/11/2021).

Selain itu, taksi terbang ini juga hanya membutuhkan area 5 meter persegi untuk parkir. Sebab, dimensinya tidak terlalu besar, dengan tinggi 1,77 meter dan lebar 5,61 meter.

Soal daya angkut atau kapasitasnya, EHang 216 dapat membawa beban maksimum 220 kg dengan konfigurasi dua penumpang.

Taksi terbang yang menggunakan tenaga listrik ini diklaim memiliki kecepatan maksimal hingga 130 km/jam.

Prestige Image Motorcars memperkenalkan kendaraan udara otonom berpenumpang (AAV) EHang 216.KOMPAS.com/Gilang Prestige Image Motorcars memperkenalkan kendaraan udara otonom berpenumpang (AAV) EHang 216.

Kemampuan terbangnya juga disebutkan mencapai ketinggian 3.000 meter. EHang 216 diklaim dapat menempuh perjalanan sejauh 35 kilometer hanya dalam 21 menit.

Selain untuk transportasi orang, EHang 216 juga dinilai lebih efisien untuk transportasi barang atau logistik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.