Prestige Berharap EHang 216 Bisa Beroperasi di IKN Baru

Kompas.com - 11/04/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Prestige Aviation siap memboyong 100 unit taksi drone atau taksi terbang EHang 216. Kendaraan listrik ini diharapkan bisa digunakan di Ibu Kota Negara (IKN) baru.

IKN baru yang memiliki nama 'Nusantara' dirancang dengan konsep smart city dengan tampilan banyak pepohonan hijau, sungai, serta ruang terbuka hijau yang luas.

Baca juga: Bamsoet Beli Taksi Drone EHang 216 buat Kirim Barang

Tak hanya menonjolkan kesan futuristik, Nusantara juga akan mempertahankan kelestarian alam dan meminimalisasi kerusakan lingkungan, khususnya hutan, dalam pembangunan ini.

EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022

Konsep tersebut dinilai sejalan dengan EHang 216 yang diklaim lebih unggul dari helikopter biasa. Sebab, biaya perbaikan dan pemeliharaan rendah, tingkat kebisingan rendah, berukuran kecil, sehingga mudah lepas landas atau mendarat.

Apalagi, pesawat dara tanpa awak ini bebas emisi alias 100 persen elektrik, sehingga lebih ramah lingkungan.

Baca juga: [Video] Taksi Drone EHang 216 Sukses Terbang di IIMS Hybrid 2022

Rudy Salim, Executive Chairman Prestige Aviation, mengatakan, dirinya berharap Prestige Aviation dapat memenuhi kebutuhan transportasi udara Indonesia dan siap mendukung Smart City Ibu Kota Negara Baru.

EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022

"Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan. Adanya transportasi udara yang memfasilitasi mobilitas antar-pulau akan membantu pertumbuhan perekonomian tiap daerah," ujar Rudy, dalam keterangan resminya.

Rudy menambahkan, biaya yang dikeluarkan EHang 216 terbilang murah dibandingkan dengan menempuh perjalanan melalui jalur darat. Kalau dihitung, pengisian listriknya hanya ratusan ribu rupiah.

Spesifikasi EHang 216:
? Tinggi pesawat 1.85m
? Lebar pesawat 5.63m
? Muatan maksimal 650 kg
? Jarak tempuh maksimal 30 km
? Waktu terbang maksimal 25 menit
? Kecepatan maksimal 130km/jam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.