Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekayasa Wujud Fortuner Terbaru yang Terinspirasi SUV Amerika

Kompas.com - 29/07/2022, 09:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar rumor bahwa generasi terbaru dari Toyota Fortuner akan meluncur tahun depan. Sampai saat ini, belum terlihat adanya foto calon pengganti Fortuner yang dicoba di jalanan.

Informasinya, generasi terbaru dari SUV medium ladder frame ini akan berubah total, mulai bagian eksterior, interior, sampai ke mesin.

Ia.dsgn membuat gambar render bahwa Fortuner generasi terbaru akan memiliki tampilan layaknya SUV Toyota yang dijual di Amerika. Apalagi kalau menengok model Hilux terbaru, gayanya memang mirip dengan Toyota Tacoma yang dijual di Negeri Paman Sam.

Baca juga: Cek Kisaran Harga Fortuner Bekas yang Banyak Dicari Warga Semarang

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indonesia Automotive Design (@ia.dsgn)

 

"Render saya ini tidak berdasarkan spy-shot atau bocoran apapun, hanya sebatas imajinasi saya terhadap generasi terbaru Toyota Fortuner, yang terinspirasi dari desain SUV Amerika Toyota Sequoia," ucap Izza Abdillah, pemilik akun Ia.dsgn, kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Jika dilihat, pada render buatan Izza ini punya gaya khas SUV Amerika. Misalnya dari grille depan yang superbesar sampai desain lampunya yang mirip dengan Sequoia, tetapi lebih pipih.

Selain itu, ditambah juga cladding di bagian bawah bumper depan dengan emboss tulisan 'Fortuner'. Namun, kembali lagi, ini hanya berupa render, belum tentu generasi selanjutnya dari Fortuner akan punya tampilan yang sama.

Baca juga: Toyota Siapkan Fortuner Hybrid, Versi Diesel Mau Dihapus?


Hal yang pasti, Fortuner terbaru akan disematkan mesin diesel dengan bantuan motor listrik atau hybrid. Dikutip dari Indiacarnews.com, karena memakai basis mesin 1GD, kabarnya Fortuner terbaru memakai mesin dengan nama ‘GD Hybrid’.

Fortuner hybrid ini kabarnya juga akan dibangun menggunakan platform TNGA-F. Platform tersebut akan dirancang khusus untuk mobil yang memakai sasis ladder frame, seperti pada Toyota Land Cruiser 300.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com