Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Setir Innova Lawas Pakai Punya Fortuner Mulai Rp 7,5 Juta

Kompas.com - 29/06/2022, 10:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Setir mobil merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan roda empat. Selain sebagai pusat pengendalian, setir juga menunjang penampilan interior karena jadi salah satu perhatian pemilik mobil.

Demi menambah kenyamanan dan tampilan mobil juga lebih canggih, upgrade setir mobil mulai jadi lazim dilakukan. Kalau era 1990-an, modifikasi setir aftermarket bergaya racing biasa dilakukan.

Kini, mengingat mobil semakin canggih serta fitur keamanan lebih tinggi, mengganti setir dengan model kendaraan lain yang punya level lebih tinggi kerap jadi opsi. Modifikasi ini dilakukan agar fungsi safety bawaan mobil tetap berfungsi, sekaligus tampilan jadi lebih mewah.

Misalnya, bagi pemilik Toyota Kijang Innova keluaran 2012 kini bisa menggunakan setir Fortuner GR Sport untuk menambah kecanggihan mobil.

Baca juga: Khusus Warga Depok, Ada Pemutihan Pajak Kendaraan Mulai 1 Juli 2022

“Jika biasanya Kijang Innova 2012 itu hanya setir biasa, kini jadi punya setir yang canggih dengan setir Fortuner GR Sport,” kata pemilik workshop Automania Hendra Budiman kepada Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Hendra menyebutkan, setir Fortuner GR Sport dilengkapi dengan tombol tambahan yang berfungsi untuk menerima dan menutup panggilan telepon. Tidak hanya itu saja, juga ada tombol tersebut yang bisa mengecilkan dan menambah volume dari head unit.


Untuk upgrade bagian interior mobil satu ini, pemilik mobil perlu merogoh kocek mulai dari Rp 7,5 juta. Pengerjaannya juga hanya memakan waktu satu hari saja.

Toyota Fortuner GR SportDok. TAM Toyota Fortuner GR Sport

Namun, agar fungsi kecanggihan dari setir lebih terasa, baiknya pemilik mobil Kijang Innova 2012 juga melakukan upgrade pada head unit dengan sistem android. Melakukan upgrade head unit dengan sistem android dibutuhkan budget Rp 2 juta.

Baca juga: Mobil Zaman Sekarang Masih Minum Pertalite, Ini Dampaknya

“Tapi kalau untuk Innova itu belum ada MID nya jadi belum bisa pairing, kalo untuk ganti setir Fortuner GR Sport tombol yang berfungsi hanya di bagian sebelah kiri saja. Kalau untuk Innova Reborn pasti semua tombol dari Fortuner GR Sport berfungsi,” kata Hendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com