Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Perdana Jajal Motor Listrik Rakata NX8 Versi Patroli

Kompas.com - 26/07/2022, 09:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rakata Motorcycles resmi melansir Rakata NX8 di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Kompas.com yang penasaran mencobanya di area yang disediakan penyelenggara.

Berbeda dengan ajang lain yang diselenggarakan di JIExpo, test ride kali ini dilakukan di dalam ruangan alias indoor. Sehingga calon konsumen bakal lebih nyaman karena dingin dan tidak kena panas.

Desain

Skema desain NX8 bergaya sporty. Bentuk lampu depan dan tangkinya sedikit mengingatkan bentuk Husqvarna Svartpilen. Tapi bentuk tengah jok sampai ke belakang punya desain sendiri dengan garis tegas.

Baca juga: GR Yaris AP4 Sukses Bawa Tim TGRI Menjuarai Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 di Malang

Rakata Motorcycles resmi melansir Rakata NX8 di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Rakata Motorcycles resmi melansir Rakata NX8 di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Kompas.com tertarik dengan NX8 karena saat ini mayoritas motor listrik yang ada dipasaran bergaya skuter. Ada beberapa yang motor sport semisal Energica dan dulu sempat masuk Zero Motorcycles tapi berada di segmen premium dengan banderol mahal.

Menariknya NX8 yang Kompas.com coba berbeda dengan yang ada di stand Rakata. Unit yang ada di area test ride itu merupakan versi patroli polisi atau aparat penegak hukum sehingga tampilannya lebih menggoda.

Berbeda dengan NX8 standar, tampilan NX8 di area test ride tersebut berwarna putih, dan dibekali dengan windshield tinggi sebagai tameng angin, crash bar, dudukan boks samping, serta lampu rotator di bagian belakang.

Baca juga: Kendala Kendaraan Listrik Belum Diterima Masyarakat Indonesia

Test ride perdana Rakata NX8 di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.
KOMPAS.com/Gilang Test ride perdana Rakata NX8 di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Posisi duduk

Saat pertama duduk di atas NX8, rider Kompas.com dengan postur 168 cm dan berat 72 kg mesti jinjit. Spesifikasi Rakata NX8 memiliki dimensi panjang 2.040 mm, lebar 815 mm, dan tinggi 1.040 mm.

Posisi tangan terjangkau dengan baik. Posisi kaki juga cukup nyaman karena tidak terlalu menekuk. Sejauh yang dirasakan, bentuk jok cukup baik menahan bokong dan pinggang, namun perlu tes jauh merasakan kenyamanan.

Rasa berkendara

Saat gas diputar, gas terasa ringan, rasanya mirip dengan mayoritas skuter listrik di pasar. Jika di "blayer-blayer" dengan cepat respon gas terasa telat. Eskalasi tenaganya mesti diurut dengan tepat.

Baca juga: Grab dan PLN Tambah 6 SPBKLU di Pulau Jawa dan Bali

Rakata Motorcycles resmi melansir Rakata NX8 di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. KOMPAS.com/Gilang Rakata Motorcycles resmi melansir Rakata NX8 di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Setangnya terasa ringan, motor juga lumayan lincah untuk memutari area test ride di JIExpo. Hanya saja terasa titik berat motor yang berbeda dari motor bahan bakar bensin yang mengusung mesin tegak di bagian bawah.

Rakata NX8 mengusung baterai 72V 50Ah built-in lithium ion. Dinamo penggerak 2.000 watt diklaim bisa menyentuh top speed 85 kpj dan nanjak hingga 30 derajat. Dalam baterai terisi penuh motor bisa berjalan sejauh 100 km.

Kompas.com tidak menjajal sampai gas mentok karena terbatasan area test ride.

Baca juga: Grab dan PLN Tambah 6 SPBKLU di Pulau Jawa dan Bali

Spesifikasi NX8 mengusung baterai 72V 50Ah built-in lithium ion. Dinamo penggerak 2.000 watt diklaim bisa menyentuh top speed 85 kpj dan nanjak hingga 30 derajat. Dalam baterai terisi penuh motor bisa berjalan sejauh 100 km.

Harga

Motor punya dua pilihan warna yaitu hitam dan putih. Rakata NX8 akan segera dipasarkan di harga Rp 54.750.000 on the road Jadetabek, adapun khusus di pameran PEVS 2022 ada harga khusus menjadi Rp 52 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com