Honda Mematenkan Teknologi Lane Keep Assist Sepeda Motor

Kompas.com - 25/07/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah rem ABS, kontrol traksi, dan beberapa teknologi lain, kali ini Honda mengambil fitur keselamatan canggih dari mobil, lalu menerapkannya pada sepeda motor.

Teknologi itu adalah Lane Keep Assist, kontrol elektronik yang memungkinkan kendaraan  selalu lurus berada di dalam lajur lintasan.

Dilansir dari Ride Apart (25/7/2022), fitur ini bakal menggunakan kamera dan sensor radar yang dapat mendeteksi garis marka jalan.

Sistem ini bisa menambahkan input yang sesuai kepada setang kemudi untuk membawa kendaraan kembali ke jalur.

Baca juga: Tekanan Angin Ban Mobil Baiknya Lebih Keras Depan atau Belakang?

Ilustrasi teknologi Lane Keep Assist pada sepeda motorcycleworld.com Ilustrasi teknologi Lane Keep Assist pada sepeda motor

Meski begitu, Honda bukan satu-satunya merek yang telah mengerjakan teknologi semi-otonom buat motor.

Sebelumnya, radar pada sepeda motor telah dipasang Ducati ke Multistrada. Tak ketinggalan Yamaha, yang sedang menguji pada motor bergenre adventure Tracer.

Mirip dengan steering damper, sistem ini akan dipasang di sekitar area bagian segitiga atas, dengan aktuator sebagai pengganti batang peredam.

Baca juga: Daftar Harga Toyota Rush Bekas, Mulai Rp 110 Jutaan

Sistemnya cukup kompak dan sepertinya bisa disesuaikan dengan berbagai sepeda motor jajaran Honda, yang menggunakan segitiga atas.

Sementara itu, aktuator kemudi itu bukan hanya sebuah penggerak, tetapi juga menggunakan sensor torsi magnetostriktif untuk mengukur input pada setang.

Hal ini memungkinkan motor dapat mengenali apakah input kemudi dibuat oleh gundukan di jalan, atau oleh pengendara, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Baca juga: 2 Varian Wuling Air ev, Ini Perbedaannya

Ilustrasi segitiga atas sepeda motorcycleworld.com Ilustrasi segitiga atas sepeda motor

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.