Ini 5 Tips Aman Berhenti di Persimpangan Lampu Merah

Kompas.com - 20/07/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara, potensi kecelakaan bisa datang dari mana saja. Baik itu dari kelalaian pengemudi, kondisi mesin kendaraan, lalu lintas, atau pengguna jalan yang lain.

Melihat kecelakaan yang terjadi di persimpangan lampu merah CBD, Jalan Alternatif Cibubur, Jawa Barat, pada Senin (18/7/2022) sore, bahaya saat berlalu lintas bisa datang tanpa diduga; bahkan saat pengemudi sedang berhenti di lampu merah.

Meski begitu, pengemudi bisa melakukan beberapa hal untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan, dengan tetap mengingat bahwa potensi bahaya bisa datang dari berbagai arah.

Baca juga: Rawan Celaka, Warga Minta Lampu Merah CBD Transyogi Ditutup Permanen

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, saat berhenti di manapun selama masih di jalan raya, risiko kecelakaan akan tetap tinggi.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk meminimalisir potensi kecelakaan dan mempermudah pengemudi untuk menyelamatkan diri saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya jika melihat kejadian tabrakan di persimpangan lampu merah CBD.

"Kendaraannya, apapun yang dilakukan adalah injak pedal rem, bukan rem tangan atau parking brake. Kalau motor tarik tuas rem," ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (19/7/2022).

Ilustrasi lampu merah.SHUTTERSTOCK Ilustrasi lampu merah.

Baca juga: Ingat Lagi, Ini 25 Ruas Jalan Jakarta yang Terapkan Ganjil Genap

Sony mengatakan, salah satu tujuannya adalah untuk mempermudah escaping atau penyelamatan diri dengan mudah. Kemudian, ia membagikan 5 tips aman saat berhenti di lampu merah:

1. Perhatikan spion secara berkala

Saat sedang berhenti, pengemudi tetap harus waspada dengan keadaan sekitar agar bisa mengantisipasi bahaya.

"Lihat spion belakang dan samping secara berkala. Tidak hanya menghindari nabrak tapi (juga menghindari) ditabrak," ucap Sony.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.