Kampas Rem Mobil Tipe Tromol Tipis Sebelah, Normal atau Tidak?

Kompas.com - 19/07/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rem merupakan salah satu bagian kendaraan yang memiliki peran penting dalam menunjang keamanan dalam berkendara. Pasalnya, komponen ini berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan hingga menghentikan.

Maka dari itu bagian rem perlu diperhatikan dengan melakukan perawatan rutin, misal dengan melakukan pembersihan kampas dari debu, melakukan pelumasan di bagian yang membutuhkan dan melakukan penyetelan jika dibutuhkan.

Dengan melakukan perawatan, tentu kondisi kampas rem menjadi terpantau. Apakah masih bagus, tebal atau sudah tipis dan lain sebagainya. Terkadang, kampas rem juga bisa mengalami tipis sebelah, khususnya pada rem tipe tromol.

Baca juga: Cara Singkat Cek Ketebalan Kampas Rem Tromol Mobil

Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi SuzukiDok. SIS Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi Suzuki

Lantas, sebenarnya apa yang telah terjadi pada kampas rem tipe tromol yang mengalami tipis sebelah?

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan ada dua bagian yang berbeda pada sepatu rem tromol, yaitu bagian yang menerima gaya gesek lebih besar dan ringan.

“Bagian sepatu rem yang searah putaran roda, atau bagian leading, ini akan lebih cepat tipis karena gesekan dengan tromol lebih besar, sepatu rem sisi sebelahnya, trailing, lebih ringan sehingga wajar saja jika terjadi tipis sebelah,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (17/7/2022).

Baca juga: Rem Tromol dan Cakram pada Mobil, Mana Lebih Unggul?

Promo servis mobil dari Mazda Indonesia jelang LebaranDok. Eurokars Motor Indonesia Promo servis mobil dari Mazda Indonesia jelang Lebaran

Dia mengatakan prinsip kerja rem tromol pada kebanyakan mobil keluarga menggunakan tipe leading dan trailing; yaitu menggunakan dua piston yang saling menekan kedua ujung kampas rem.

Berhubung yang tertekan oleh piston hanya ujung sepatu rem, dan roda cenderung berputar ke depan maka sisi sepatu rem yang lebih dulu tipis adalah sisi bagian depan. Dia akan menapak penuh, dengan begitu akan menerima gaya gesek yang lebih besar.

“Karakter rem tromol seperti itu, tidak bisa lakukan rotasi dan sejenisnya,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Kenapa Rem Tromol Berdecit seperti Tikus Kejepit?

Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors. Dok. MMKSI Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors.

Sehingga, yang bisa dilakukan hanya sekadar memberikan perawatan seperti melumasi bagian tertentu, memeriksa setiap komponen dan membersihkan kampas dari debu. Dengan demikian dapat mengurangi risiko kampas rem cepat tipis, apalagi tipis sebelah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.