Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2022, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza sampai saat ini masih menyandang predikat mobil sejuta umat di Indonesia. Alasannya, karena memang penjualannya terus mendominasi pasar, sehingga jumlah populasinya di Indonesia jadi yang terbesar.

Meski generasi terbaru sudah meluncur pada akhir tahun lalu, tak membuat Avanza lawas ditinggalkan oleh para penggemar.

Punya desain yang sederhana, membuat banyak orang melakukan modifikasi pada Toyota Avanza lawas agar terlihat lebih keren.

Salah satunya seperti Avanza lansiran tahun 2010 milik Zainal Mustofa. Zainal memodifikasi Avanza miliknya dengan aliran street racing.

Baca juga: Modifikasi Xenia Lawas, Jadi Mewah dan Canggih

“Sebenarnya saya suka dan pengen punya mobil Japan Domestic Market (JDM). Nah, karena adanya Avanza, ya mobil ini saya modifikasi sedemikian rupa biar kayak mobil JDM,” ucap Zainal saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/7/2022).

Zainal pun melakukan modifikasi pada mobilnya secara perlahan, mulai dari interior, eksterior hingga mesin.

“Kalau dari eksterior perubahannya pada bagian fender depan, saya buat wide body-nya 3 cm dan belakang 5 cm. Kemudian spoiler custom karbon dan ditambah bumper,” kata dia.

Modifikasi Toyota AvanzaDoc Zainal Mustofa Modifikasi Toyota Avanza

Selanjutnya, pada bagian kaki-kaki, Zainal menyematkan air suspension di empat titik, dilengkapi dengan pelek custom CE28 ring 17 dengan lebar 9 inci, guna menambah kesan racing dari mobil ini.

Sementara itu, untuk bagian interior, Zainal mengaku tidak banyak melakukan ubahan. Hanya mengganti jok dan head unit agar terlihat lebih modern.

“Di bagian interior saya hanya menyematkan jok sparco lengkap dengan seat beltnya. Kemudian untuk audio saya pakai tambahan sub kolong dan head unit Nakamichi Android,” ucapnya.

Hal yang menarik dari mobil ini ada pada sektor mesin. Toyota Avanza milik Zainal sudah dibekali dengan mesin turbocharger, sehingga berbeda dengan MPV sejuta umat lainnya.

“Pada bagian mesin saya pasang turbocharger IHI RHF4, intercooler Apexi, internal ganti piston mesin K3-VE oversize 100, porting polish, dan penambahan Piggyback Dastek Unichip Q+ turbo module dan launch control. Final drive juga saya ganti juga pakai punya mobil Grand Max,” kata dia.

Dengan ubahan mesin tersebut, Toyota Avanza milik Zainal diklaim bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar sekitar 30 persen dari mesin standar.

Modifikasi Toyota AvanzaDoc Zainal Mustofa Modifikasi Toyota Avanza

Pria yang juga merupakan pemilik bengkel Ototech Garage ini pun mengungkapkan beberapa kesulitan saat memodifikasi Toyota Avanza bergaya street racing.

“Kesulitannya pada saat modifikasi kaki-kaki, kita harus buat coak bagian sasis agar fitmennya bisa bagus. Kemudian untuk modifikasi mesin juga cukup sulit, karena tidak ada yang plug and play, semuanya custom,” kata dia.

Baca juga: Air Radiator Merah dan Hijau, Bolehkah Dioplos?

Zainal mengaku sudah memodifikasi mobil ini sejak tahun 2019 dan terus berlangsung sampai sekarang, dengan merogoh kocek yang tidak sedikit.

“Karena modifikasi ini bertahap untuk waktunya sekitar 3 tahun dengan kisaran biaya Rp 50 juta sampai Rp 60 juta,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com