Kompas.com - 17/07/2022, 17:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian wilayah di Jabodetabek tengah mengalami hujan yang cukup deras. Bagi para pengguna kendaraan aktif khususnya mobil, maka ada berbagai aspek yang harus diperhatikan.

Hal tersebut guna memastikan kendaraan terkait selalu dalam keadaan baik dan optimal ketika hendak digunakan kembali. Serta, mengurangi potensi adanya kerusakan di beberapa bagian tertentu.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, mobil sebaiknya langsung dibilas atau dicuci setelah digunakan dalam kondisi hujan.

Baca juga: Mobil Baru Boros BBM? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ilustrasi berkendara mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi berkendara mobil

“Kalau mobil tidak segera dibersihkan padahal baru saja digunakan saat hujan kotoran bisa saja masuk ke bagian clear coat. Apalagi jika mobil digunakan untuk menerjang genangan air laut atau rob,” ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk mobil yang terkena air laut, menurut Didi, potensi kerusakan seperti terjadinya karat pada bagian mobil akan lebih besar. Sebab, kandungan garam pada air laut cukup tinggi.

Selain berpotensi merusak bodi, mobil yang tidak langsung dibersihkan setelah terkena air hujan juga akan berdampak pada bagian kaca.

Hal serupa juga dikatakan Robby Kurnia, CEO Autoglaze Indonesia, Menurut dia, air hujan yang tidak segera dibilas dan dibiarkan mengering bisa membuat timbulnya bercak seperti garam.

Baca juga: Hyundai Stargazer Pakai Transmisi IVT, Beda dengan Avanza dan Xpander

Berkendara di saat hujanKompasOtomotif Berkendara di saat hujan

"Kalau jarang dibersihkan bisa timbul seperti itu. Jadi sebaiknya langsung dibilas atau dicuci biasa saja tanpa menggunakan sabun,” kata Robby.

Lalu, yang paling penting, menurut Robby, adalah proses mengeringkannya. Sebaiknya dilap sampai benar-benar kering.

Apabila air dibiarkan mengering sendiri, salah satu dampak yang diperoleh ialah kaca mobil yang cepat berjamur dan cat eksterior menjadi kusam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.