Hyundai Stargazer Pakai Transmisi IVT, Beda dengan Avanza dan Xpander

Kompas.com - 17/07/2022, 14:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Stargazer akhirnya resmi mengungkap seluruh tampilan Stargazer di Indonesia. Mobil ini akan bermain di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), sekaligus akan bertarung dengan para rivalnya yakni Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Hyundai membekali Stargazer dengan mesin 1.5 L MPI, 16 katup, 4-silinder dengan kapasitas 1.497 cc. Mesinnya sama seperti yang digunakan Creta.

Bicara soal transmisi, Hyundai Stargazer mengawinkan mesinnya dengan sistem transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT).

Baca juga: Mana Lebih Lengkap, Fitur Stargazer, Avanza, atau Xpander?

Sistem transmisi yang digunakan berbeda dengan para pesaingnya yakni Toyota Avanza yang menggunakan sistem D-CVT dan Mitsubishi Xpander yang menggunakan transmisi CVT.

Transmisi IVT pada Hyundai Stargazer sebenarnya sama dengan CVT, hanya saja menggunakan chain puller sistem, alias beberapa rantai yang dirapatkan membentuk kesatuan sabuk.

Selain itu, pada IVT terdapat Shift Control Virtual. Sehingga perpindahan gigi dari awal terasa seperti perpindahan gigi manual untuk memaksimalkan power delivery.

Mitsubishi New Xpander Sport CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Sport CVT

Sementara Xpander, mengandalkan sistem transmisi CVT, yang umumnya menggunakan sabuk baja, bukan rantai.

Proses perpindahannya dihasilkan dari perubahan diameter sepasang puli atau dikenal dengan drive dan driven pulley yang mengikuti putaran mesin mobil, lalu disambungkan dengan belt atau sabuk baja.

Adapun Toyota Avanza menggunakan sistem Dual Mode CVT (D-CVT). Meski sama seperti Xpander menggunakan sistem transmisi CVT, namun ada sedikit perbedaan pada sistem Transmisi Avanza dengan mobil lainnya.

Pada sistem D-CVT, transmisinya tidak cuma mengandalkan pulley dan sabuk baja, tetapi juga diberi rangkaian gigi tambahan serta planetary gear.

Toyota All New VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota All New Veloz

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.