Generasi Baru Toyota Crown Meluncur, Kini Terbagi 4 Segmen

Kompas.com - 16/07/2022, 08:02 WIB


TOKYO, KOMPAS.com - Toyota resmi meluncurkan generasi terbaru Toyota Crown. Pabrikan asal Jepang itu menggebrak karena model flagship ini terlahir kembali,  dalam empat segmen model, yaitu sedan, sport, estate, dan crossover.

Toyota "menggocek" banyak spekulasi, di mana sebelumnya beredar gambar paten yang diduga Crown Crossover, tapi waktu meluncur Toyota tak hanya merilis crossover melainkan empat model sekaligus.

Baca juga: Anak Kecil Rentan Terlindas Mobil Saat Keluar dari Garasi

Toyota Crown tipe CrossoverFoto: Toyota Toyota Crown tipe Crossover

Hadirnya Crown baru disebut untuk memenuhi keinginan konsumen di era modern. Crown generasi ke-16 ini dikembangkan dengan memeriksa ulang arti dari nama "Crown" yang berarti mahkota.

Toyota mencoba memperluas segmentasi Crown dengan menawarkan bentuk yang berbeda, di mana selama ini mobil yang dikenal sebagai "mobil menteri" di Indonesia itu memang sejak pertama melucur identik dengan sedan.

Baca juga: Mobil Menteri Jokowi, Toyota Crown Hybrid Servis di Bengkel Ini

Toyota Crown tipe SedanFoto: Toyota Toyota Crown tipe Sedan

"Waktu telah berubah lebih cepat, dan Crown menjadi tidak dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam, dan kehadirannya sebagai kendaraan andalan menjadi kurang signifikan," tulis Toyota dalam keterangannya, Sabtu (16/7/2022).

Toyota Crown tipe EstateFoto: Toyota Toyota Crown tipe Estate

Harapan Toyota ialah dengan banyaknya model Crown yang ada membuat pilihan konsumen makin banyak. Lewat strategi ini Toyota juga bisa ekspansi lebih masif memasarkan Crown di 40 negara di dunia.

Baca juga: Usung Mesin Hybrid, Ini Spek Teknis Toyota Crown Milik Menteri Jokowi

Saat ini Toyota baru merilis harga Toyota Crown tipe Crossover. Harga terendah Crossover X yakni 4,35 juta Yen atau setara Rp 471 jutaan dan termahal Crossover RS seharga 6,4 juta Yen atau setara Rp 688,4 juta.

Toyota Crown tipe SedanFoto: Toyota Toyota Crown tipe Sedan

Crown merupakan salah satu model tertua Toyota yang masih eksis. Crown memulai debut pada 1955 sebagai mobil produksi massal pertama Toyota yang dibuat pakai teknologi domestik Toyota.

Crown merupakan mobil mewah pertama Toyota dan Jepang yang dikembangkan secara independen di awal periode pascaperang dunia dua hingga kini berumur 67 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.