Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Toyota Crown Meluncur, Kini Terbagi 4 Segmen

Kompas.com - 16/07/2022, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


TOKYO, KOMPAS.com - Toyota resmi meluncurkan generasi terbaru Toyota Crown. Pabrikan asal Jepang itu menggebrak karena model flagship ini terlahir kembali,  dalam empat segmen model, yaitu sedan, sport, estate, dan crossover.

Toyota "menggocek" banyak spekulasi, di mana sebelumnya beredar gambar paten yang diduga Crown Crossover, tapi waktu meluncur Toyota tak hanya merilis crossover melainkan empat model sekaligus.

Baca juga: Anak Kecil Rentan Terlindas Mobil Saat Keluar dari Garasi

Toyota Crown tipe CrossoverFoto: Toyota Toyota Crown tipe Crossover

Hadirnya Crown baru disebut untuk memenuhi keinginan konsumen di era modern. Crown generasi ke-16 ini dikembangkan dengan memeriksa ulang arti dari nama "Crown" yang berarti mahkota.

Toyota mencoba memperluas segmentasi Crown dengan menawarkan bentuk yang berbeda, di mana selama ini mobil yang dikenal sebagai "mobil menteri" di Indonesia itu memang sejak pertama melucur identik dengan sedan.

Baca juga: Mobil Menteri Jokowi, Toyota Crown Hybrid Servis di Bengkel Ini

Toyota Crown tipe SedanFoto: Toyota Toyota Crown tipe Sedan

"Waktu telah berubah lebih cepat, dan Crown menjadi tidak dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam, dan kehadirannya sebagai kendaraan andalan menjadi kurang signifikan," tulis Toyota dalam keterangannya, Sabtu (16/7/2022).

Toyota Crown tipe EstateFoto: Toyota Toyota Crown tipe Estate

Harapan Toyota ialah dengan banyaknya model Crown yang ada membuat pilihan konsumen makin banyak. Lewat strategi ini Toyota juga bisa ekspansi lebih masif memasarkan Crown di 40 negara di dunia.

Baca juga: Usung Mesin Hybrid, Ini Spek Teknis Toyota Crown Milik Menteri Jokowi

Saat ini Toyota baru merilis harga Toyota Crown tipe Crossover. Harga terendah Crossover X yakni 4,35 juta Yen atau setara Rp 471 jutaan dan termahal Crossover RS seharga 6,4 juta Yen atau setara Rp 688,4 juta.

Toyota Crown tipe SedanFoto: Toyota Toyota Crown tipe Sedan

Crown merupakan salah satu model tertua Toyota yang masih eksis. Crown memulai debut pada 1955 sebagai mobil produksi massal pertama Toyota yang dibuat pakai teknologi domestik Toyota.

Crown merupakan mobil mewah pertama Toyota dan Jepang yang dikembangkan secara independen di awal periode pascaperang dunia dua hingga kini berumur 67 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com