Kompas.com - 16/07/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil Patroli Jalan Raya (PJR) yang dipakai polisi mengalami penyegaran. Jika sebelumnya grafis seperti tanda panah di bodi samping berwana merah maka sekarang berwarna putih.

Tujuan perubahan warna tanda panah ini agar mobil PJR tidak sekadar patroli namun juga bertugas menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas

Baca juga: Anak Kecil Rentan Terlindas Mobil Saat Keluar dari Garasi

Desain mobil baru PJR ini dapat dilihat di akun Instagram NTMC Polri. Terlihat grafis yang sebelumnya berwana merah besar maka kini berwarna putih. Membuat tampilan mobil terlihat lebih simpel.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NTMC POLRI (@ntmc_polri)

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Santyabudi menjelaskan, perubahan warna tersebut didasari kepada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) tentang warna rambu, kuning, dan putih.

“Setelah sekian tahun kita pakai warna merah dan itu oke-oke saja, kira-kira jadi ada evaluasi yang kita lakukan di Korlantas," ujar Firman mengutip akun resmi Polri, Jumat (15/7/2022).

"Kalau kita perhatikan kendaraan yang ada di jalan, itu hanya sekedar striping saja, fungsinya tidak ada. Cuma bedanya orang tau itu Polantas. Sekarang speknya saya naikkan, warnanya menjadi putih dan harus spotlight,” katanya.

Stripping tanda panah pada Mobil Patroli Jalan Raya (PJR) kini berwarna putih.Foto: Tangkapan layar Stripping tanda panah pada Mobil Patroli Jalan Raya (PJR) kini berwarna putih.

Firman menjelaskan, tanda panah warna putih bertujuan agar mobil PJR bisa dimanfaatkan sebagai rambu penunjuk arah atau rambu perintah untuk pengendara di jalan raya.

Baca juga: Teknologi Sudah Modern, tapi Kenapa Masih Ada Mesin yang Ngelitik?

Jadi ini mobil bisa dimanfaatkan, ketika ada jalan yang tertutup apakah karna kecelakaan atau kepadatan, petugas akan memerintahkan pengemudi, (agar) pengguna jalan yang lain untuk mengarahkan kendaraannya ke arah yang diperintahkan,” katanya.

Tesla model 3 dengan kelir khas Dirlantas Polda Metro Jaya satuan Patroli Jalan Raya (PJR)Victor Wirawan (Facebook) Tesla model 3 dengan kelir khas Dirlantas Polda Metro Jaya satuan Patroli Jalan Raya (PJR)

Firman berharap, perubahan warna putih pada tanda panah di kendaraan operasional polisi dapat dipahami pengendara sehingga bisa mengetahui keberadaan kendaraan polisi saat bertugas dan membaca arahan petugas.

“Itulah makanya kenapa gambarnya di samping ini ada tanda panah, jadi kita tinggal parkirkan kendaraan kita, dari jauh sudah keliatan mobil yang dari sini akan (diarahkan) ke sana," kata dia.

"Jadi filosofinya lebih kepada ini mendasari dari rambu warna putih berupa perintah,” ucap Firman, menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.