Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diameter Ban Pengaruhi Akselerasi Mobil

Kompas.com - 15/07/2022, 19:51 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen pada mobil yang sering diganti oleh pemiliknya adalah ban. Tidak hanya tampilan saja yang berubah, tapi akselerasi pun diyakini mengalami perubahan.

Khususnya, dalam mengubah diameter ban, baik dari kecil ke besar maupun sebaliknya. Tapi, tak sedikit yang paham bahwa mengganti diameter ban akan berdampak pada akselerasi mobil.

Baca juga: Batas Aman Ban Mobil Masih Layak Dipakai

On Test Vehicle (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Zulpata Zainal, mengatakan, ban dengan diameter yang lebih kecil akan memiliki rotasi yang lebih banyak dibandingkan dengan ban yang diameternya lebih besar.

Ilustrasi ban mobilKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi ban mobil

“Dengan mesin yang sama-sama masih standar ban dengan ukuran 14 inci akan lebih kuat digunakan di jalan tanjakan dibandingkan dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini karena tarikannya juga akan lebih enteng,” kata Zulpata, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya akselerasinya yang meningkat, menurut Zulpata, kecepatan kendaraan juga mengalami peningkatan. Terutama, saat dikendarai pada jarak tertentu yang tidak terlalu panjang.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ban Mobil Model RFT Anti Bocor?

“Kalau misalnya ban standarnya 15 inci kemudian diganti dengan ukuran 14 inci maka akselerasi jadi lebih cepat. Untuk jarak yang tidak terlalu panjang tarikannya juga lebih responsif,” ujar Zulpata.

Pelek dan ban yang digunakan oleh mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 NDok. Autoexpress.co.uk Pelek dan ban yang digunakan oleh mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 N

Namun, untuk kecepatan maksimumnya akan mengalami penurunan. Sebaliknya, jika ukuran diameter diubah menjadi lebih besar yang terjadi adalah akselerasi kendaraan menjadi menurun.

Akselerasi untuk jarak pendeknya jadi berkurang dibanding saat masih menggunakan ban dengan diameter 15 inchi, tapi untuk top speednya menjadi naik,” kata Zulpata.

Jadi, sebelum mengubah diameter ban, ketahui dulu konsekuensi atau dampak pada akselerasi mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com