Kompas.com - 15/07/2022, 12:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejuk atau tidaknya air conditioner (AC) mobil, sangat menentukan kenyamanan saat berkendara.

Bila kurang perawatan, dampaknya akan membuat kinerja AC tak optimal. Kondisi tersebut tentu sangat menganggu.

Apalagi bila udara yang dikeluarkan dari ventilasi tak lagi sejuk, melainkan hawa panas yang membuat berkendara makin tak nyaman. 

Lalu, apa masalahnya yang membuat AC mobil tak lagi sejuk?

Baca juga: Ini Penyelamatan Pertama Saat Rem Mobil Blong

Menurut Kepala Bengkel Astra Daihatsu Majapahit Semarang Sapto Pamungkas, ada beberapa kerusakan komponen AC yang mungkin saja bisa jadi biang keroknya, yakni : 

  • Freon Habis

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

Sapto mengatakan, ciri khas freon yang habis diawali dengan AC mobil hanya mengeluarkan hembusan udara biasa.

Lama kelamanaan, udara yang keluar dari kisi-kisi AC justru hanya udara panas. Walau, setelan pengaturan suhu telah maksimal, tetap saja udara yang tersirkulasi tak bisa menyejukan kabin.

Parahnya lagi, AC dengan udara yang panas tak hanya mengurangi kenyamanan, tapi bila sampai ada kebocoran freon sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

"Kebocoran freon sangat sulit terdeteksi, bila selang AC berlubang sedikit saja bisa dengan cepat freon menguap semua. Untuk memahami, bagi pemilik mobil bisa melihat magnetic clutch tetap bekerja atau tidak. Bisa di dengar dari bunyi 'ctek' ketika pertama kali AC hidup," katanya kepada Kompas.com, Kamis (14/7/2022). 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.