Pakai Maps Saat Berkendara, Manfaatkan Fitur Audio

Kompas.com - 10/07/2022, 11:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak kasus kecelakaan terjadi akibat pengguna kendaraan bermotor terlalu terfokus dengan membaca aplikasi peta digital saat sedang berkendara. Hal ini disebabkan oleh konsentrasi pengemudi yang terpecah.

Padahal, saat sedang berkendara, penting bagi pengemudi untuk fokus secara penuh ke jalan raya dan waspada dengan kedaaan di sekitar yang tidak bisa diprediksi.

Baca juga: Keren, Kini Google Maps Bisa Cek Tarif Tol

Hal ini ditegaskan oleh Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu. Ia mengatakan bahwa membaca peta digital sambil berkendara bisa membuat konsentrasi pengemudi terpecah.

"Kalau dia perhatikan (peta digital secara terus-menerus saat mengemudi), dia bisa ke-distract. Enggak aman," ucap Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Jika memang pengemudi butuh panduan dari peta digital, Jusri menyarankan pengemudi untuk mengaktifkan fitur audio pada aplikasi tersebut.

Fitur tarif tol di Google MapsKOMPAS.com/Zulfikar Fitur tarif tol di Google Maps

Baca juga: Sebab Munculnya Bercak Karat pada Piringan Cakram Mobil

Dengan mengaktifkan fitur audio, pengemudi bisa mendengarkan arahan tanpa harus memperhatikan visual peta secara konstan. Pengemudi bisa lebih fokus melihat ke arah jalan ketimbang terpaku pada layar telepon genggam.

Fitur audio pada aplikasi peta membacakan rute pada peta, misalnya patokan belok, estimasi jarak tempuh, rute alternatif dan lain sebagainya.

Baca juga: Bus Baru PO Kencana, Pakai Bodi Avante D2 Double Decker Berkelir Pink

Ini juga dapat membuat pengemudi bisa mempertimbangkan terlebih dahulu, apakah rute yang akan dilalui aman atau bisa dilewati kendaraan bermotor.

"Maps dihidupkan, audionya dihidupkan. Didengarkan saja. Kalau ingin sekedar lihat karena ragu, ya berhenti," ucap Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.