Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minim Fitur, Suzuki S-Presso Hanya Kantongi Tiga Bintang NCAP

Kompas.com - 07/07/2022, 07:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki S-Presso dikabarkan akan meluncur tak lama lagi. Mobil dengan desain yang kompak ini awalnya sempat banyak diragukan keamanannya.

Dikutip dari Autoindustriya.com, Rabu (6/7/2022), Global New Car Assesment Program (NCAP) melalukan tes tabrak untuk menguji keamanan pada S-Presso yang akan dipasarkan di India.

Dari penilaian lima bintang, sayangnya, mobil ini tidak mendapat bintang satu pun untuk keamanan orang dewasa. Sedangkan untuk keamanan anak kecil, hanya mendapatkan dua bintang.

Baca juga: Suzuki S-Presso Sudah Bisa Dipesan, Harga Mulai Rp 155 Juta

Dengan tingkat keamanan yang sangat rendah, reputasi S-Presso sebagai kendaraan yang terjangkau menjadi dipertanyakan. Khususnya, ketika bicara soal perlindungan penumpang.

Hasil tes tabrak Suzuki S-Presso untuk Afrika SelatanDok. Autoindustriya.com Hasil tes tabrak Suzuki S-Presso untuk Afrika Selatan

Belum lama ini, S-Presso kembali dites lagi dan akhirnya mendapat peningkatan sebanyak tiga bintang. Pengetesan kembali dilakukan oleh Global NCAP bersama dengan Automobile Association of South Africa (AASA).

S-Presso yang dites merupakan spesifikasi untuk pasar Afrika Selatan. Mobil tersebut dilengkapi dengan dua airbag di depan. Sementara untuk pasar India, airbag hanya tersedia untuk pengemudi.

Untuk orang dewasa, pengemudi mendapat perlindungan yang baik pada bagian kepala. Tapi, minim perlindungan pada dada dan kaki. Sedangkan penumpang depan, perlindungan bagian dada dan kaki lebih baik, begitu pula dengan kepala dan kaki.

Baca juga: Suzuki S-Presso Masuk Indonesia, Bakal Meluncur di GIIAS 2022?

Untuk perlindungan anak kecil, S-Presso tidak mengalami peningkatan. Nilainya hanya 15 poin dari total 49 poin. Minimnya perlindungan disebabkan oleh kurangnya pengait ISOFIX, kurangnya sabuk pengaman tiga titik di semua posisi duduk, dan tidak ada Child Restraint System (CSR).

Suzuki S-Pressothequint.com Suzuki S-Presso

Alejandro Furas, Sekretaris Jenderal Global NCAP, mengatakan, performa keamanan S-Presso di Afrika Selatan jauh dari memuaskan dan klaim peningkatan tidak tercermin dalam tingkat perlindungan penumpang anak yang tetap sama dengan versi India yang dites pada 2020.

"Ada kemajuan signifikan dengan keselamatan kendaraan di pasar India dengan persyaratan untuk pemasangan enam airbag sebagai standar. Kami berharap Maruti Suzuki tidak menerapkan standar ganda untuk kendaraan yang mereka jual di Afrika dibandingkan dengan yang dijual di India," kata Furas.

Tentunya, hasil tersebut menjadi pertanyaan, bagaimana dengan tingkat perlindungan S-Presso untuk pasar Indonesia yang kabarnya akan meluncur 11 Agustus 2022?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com