Ketahui Onderdil yang Tidak Digaransi Bengkel Resmi

Kompas.com - 04/07/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil baru memang sangat identik dengan garansi dari pihak bengkel resmi. Setiap pabrikan pasti memiliki aturan garansi yang berbeda-beda.

Bahkan untuk meningkatkan daya tarik pembeli beberapa produsen mobil memberikan garansi sampai batas waktu yang sangat lama.

Nah, ternyata tidak semua part pada mobil masuk dalam garansi, melainkan ada pengecualian khususnya barang yang habis karena pemakaian. Hampir semua pabrikan mobil menerapkan pengecualian.

Service Advisor Nissan Bintaro Rusman mengatakan, part yang bisa habis karena pemakaian tidak digaransi seperti karet-karet, cairan dan lain sebagainya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, LCGC Tak Konsumsi BBM RON 92 Garansi Bisa Gugur?

Mobil baru Hyundai Creta mulai meluncur di ajang GIIAS 2021.KOMPAS.com/Muhammad Fathan Radityasani Mobil baru Hyundai Creta mulai meluncur di ajang GIIAS 2021.

“Setiap part yang habis karena dipakai, tidak digaransi. Banyak sih, seperti ban, kampas rem, kampas kopling, minyak rem, oli dan lain-lain,” ucap Rusman kepada Kompas.com, Minggu (3/7/2022).

Hal itu wajar saja dilakukan, karena kerusakan part tersebut dipengaruhi oleh pengendara secara langsung maupun tidak langsung.

Seperti kampas kopling, bagi orang yang sudah biasa menggunakan kopling maka kampas tersebut bisa sangat awet, berbeda dengan orang yang baru belajar mobil manua. Maka dari itu, hal-hal yang bisa habis karena pemakaian tidak digaransi oleh bengkel resmi.

Baca juga: Awas Rugi, Ini Daftar Modifikasi yang Bikin Garansi Mobil Hangus

Setelah meluncur dua hari, harga resmi mobil baru Mitsubishi Xpander facelift diumumkan di GIIAS 2021.KOMPAS.com/Gilang Satria Setelah meluncur dua hari, harga resmi mobil baru Mitsubishi Xpander facelift diumumkan di GIIAS 2021.

Berikut ini part yang tidak digaransi oleh bengkel resmi;

  1. Kampas kopling
  2. Kampas rem
  3. Minyak rem
  4. Coolen
  5. Air aki
  6. Wiper
  7. Oli
  8. Ban
  9. Drive belt
  10. Filter udara
  11. Filter kabin
  12. Bolam lampu
  13. Dan lain-lain.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.