Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DAMRI Segera Operasikan Bus Listrik di Bandung, Surabaya, dan Bandara

Kompas.com - 04/07/2022, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - DAMRI terus menunjukkan komitmennya dalam mengurangi emisi global untuk transportasi di Indonesia. Dalam waktu dekat, DAMRI akan mengoperasikan bus listrik sebagai armada publik.

Plt. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan DAMRI untuk mengurangi emisi, seperti konversi bus listrik sampai uji coba operasional bus listrik di Terminal 3 Gate 5 Bandara Soekarno-Hatta November 2021.

Untuk pengoperasian bus listrik, DAMRI berkolaborasi dengan PT INKA dengan merek E-Inobus dan PT Energi Makmur Buana dengan merek Edison Motors.

Baca juga: DAMRI Sudah Angkut Lebih dari 600.000 Penumpang di Juni 2022

Bus listrik medium Inka E-InobusKOMPAS.com/SETYO ADI Bus listrik medium Inka E-Inobus

“Dalam hal ini, DAMRI akan mengerahkan 53 unit bus merek E-Inobus untuk operasional angkutan perkotaan di wilayah Bandung dan Surabaya. Sedangkan 1 unit bus merek Edison Motors yang akan dioperasikan untuk angkutan bandara,” ujarnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (4/7/2022).

DAMRI sedang menyiapkan finalisasi kontrak dan juga dokumen kendaraan untuk operasional angkutan bandara. Jadi baru akan beroperasi setelah proses tadi selesai.

Selain itu, pada acara G20 pada Oktober mendatang, DAMRI berencana mengoperasikan 30 unit bus listrik. Setelah itu, bus tersebut akan digunakan sebagai armada perkotaan dengan skema Buy The Service (BTS) di Bandung dan Surabaya.

Baca juga: Tanda-tanda Transmisi Mobil Matik Perlu Diservis


“Program bus listrik untuk angkutan perkotaan DAMRI juga berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan,” ucapnya.

DAMRI berkomitmen untuk terus berinovasi dalam perkembangan transportasi darat menuju pemanfaatan energi yang lebih ramah lingkungan, resiliensi, inovatif, modern dan berbasis teknologi mutakhir untuk mendukung konektivitas transportasi darat.

“Selain menjadi transportasi yang ramah lingkungan, harapannya bus listrik yang akan dioperasikan DAMRI juga bisa menjadi daya tarik bagi para pelanggan kami.” tegas Siti Inda Suri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com