Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Rugi, Ini Daftar Modifikasi yang Bikin Garansi Mobil Hangus

Kompas.com - 27/06/2022, 10:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Modifikasi biasanya dilakukan pemilik mobil untuk mendongkrak performa kendaraan, mempercantik tampilan, atau meningkatkan kenyamanan.

Namun demikian, ada risiko yang harusnya diantisipasi pemilik mobil baru saat akan melakukan modifikasi, yakni hangusnya garansi.

Karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui beberapa jenis modifikasi yang berpotensi mengugurkan garansi mobil.

Baca juga: Pasang Cover Jok Premium Jadi Alternatif Modifikasi Mobil

Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraanSACS Speedglow Ilustrasi modifikasi lampu depan atau headlamp kendaraan

Marketing Communication Area Sales Suzuki Semarang Sejahtera Sunindo Trada (SST) Mustaqiem mengatakan, ada tiga bagian penting kendaraan bisa menghanguskan klaim garansi resmi bila mendapat sentuhan modifikasi. 

"Jika menemukan modifikasi bagian kelistrikan, mesin, dan beberapa part body bisa menghanguskan klaim garansi dari diler," ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Lebih detailnya, modifikasi pemasangan aksesoris mobil seperti head unit, lampu, klakson, dan lainnya dengan mengganti jalur kabel dengan kualitas tidak sesuai standar.

Baca juga: Video Modifikasi Pelat Nomor Kendaraan, Pelat Bisa Otomatis Berubah

Tampilan layar head unit Asuka BM Seroes 3 yang sudah menggunakan voice command bahasa IndonesiaAsuka Car TV Tampilan layar head unit Asuka BM Seroes 3 yang sudah menggunakan voice command bahasa Indonesia
 

Terpisah, SA Servis dan Perawatan Nasmoco Majapahit Semarang Nindya Handoko menjelaskan, modifikasi beberapa dari bagian mobil bisa menghanguskan masa garansi sesuai buku pedoman.   

"Jika pemilik memodifikasi kaki-kaki, mesin, dan kelistrikan garansi bisa hangus," ucapnya Minggu (26/6/2022). 

Contoh, pemilik mobil yang melakukan upgrade atau penggantian audio standar maka garansi resmi pabrik hilang. 

Baca juga: Sering Tak Sadar, Ini Aksesori Motor yang Ternyata Berbahaya

Menanggapi soal pemasangan dastek untuk mendongkrak performa mesin, Nindya berpendapat pemotongan area kabel dalam dashboard rawan menimbulkan korsleting.

One3 Motoshop membuka one stop solution toko dan bengkel untuk penggemar modifikasi mobil dan sepeda motor.Foto: One3 Motoshop One3 Motoshop membuka one stop solution toko dan bengkel untuk penggemar modifikasi mobil dan sepeda motor.
  

"Garansi dari pabrikan untuk sistem kelistrikan 3 tahun, instalasi dastek pemasangannya tidak memperhatikan skema kabel bodi dari pabrikan," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com