Kompas.com - 03/07/2022, 11:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil matik beredar luas di kalangan masyarakat karena kemudahan dalam pengoperasiannya. Agar transmisi matik awet maka sebagai pemilik perlu rajin melakukan perawatan transmisi, terutama melakukan penggantian oli transmisi.

Berhubung jenis transmisi ini banyak, dan setiap jenis transmisi memiliki spesifikasi berbeda-beda, maka di pasaran beredar berbagai macam oli transmisi. Untuk oli matik konvensional saja bisa ditemukan berbagai jenis oli matik.

Pemilik Worner Matic Spesialis Transmisi Matic, Hermas Efendi Prabowo mengatakan, penggantian oli matik harus disesuaikan dengan spesifikasi transmisi pada mobil tersebut tidak bisa dipukul rata.

Baca juga: Ini Penyebab Oli Matik pada Mobil Berkurang

Mekanik bengkel sedang melakukan pergantian oli matik dengan cara di kurasDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel sedang melakukan pergantian oli matik dengan cara di kuras

“Oli AT juga banyak macamnya, sesuai spesifikasi pada transmisinya. Banyak kasus orang salah mengisi oli matik,” ucap Hermas kepada Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Dia mengatakan perlu waspada dalam memilih bengkel untuk melakukan penggantian oli matik, karena tidak semua bengkel benar-benar kompeten dan memperhatikan spesifikasi olinya.

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan bukan merek yang menjadi patokan, tapi spesifikasi transmisinya itu sendiri, ada dexron 1 sampai dexron 4 dan banyak lagi.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Flushing Oli Matik?

Bengkel DaihatsuADM Bengkel Daihatsu

Spesifikasi oli transmisi itu banyak sekali macamnya, karena mengikuti teknologi transmisi itu sendiri. Ada dexron 1 sampai dexron 4, matic-S, matic-D dan matic-J dan lain sebagainya, yang biasanya memiliki nama yang berbeda-beda pada setiap produsen mobil,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Dia mengatakan spesifikasi tersebut penting, karena ada hubungannya dengan performa kendaraan dan keawetan komponen transmisi, khususnya matik.

Perlu diketahui juga bahwa spesifikasi oli matik tersebut juga diterapkan pada oli matik aftermarket. Sehingga, wajar saja bila banyak bengkel spesialis menyediakan berbagai macam oli matik mulai dari merek dan spesifikasinya.

Baca juga: Apakah Harus Menggunakan Mesin ATF Changer untuk Flushing Oli Matik?

Mekanik Astra Daihatsu Motor Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikanDicky Aditya Wijaya Mekanik Astra Daihatsu Motor Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan

Sehingga, memang benar perlu memilih bengkel yang kompeten di bidang transmisi agar oli yang diisikan ke transmisi mobil Anda tepat, sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan transmisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.