Cara Mengecek Kualitas Oli Matik Mobil Secara Mandiri

Kompas.com - 02/07/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan kendaraan wajib dilakukan demi menjaga performa. Salah satunya adalah memperhatikan kualitas oli transmisi.

Untuk transmisi matik, cara mengetahui kualitas olinya bisa lewat dipstick. Nah, dari cara tersebut minimal bisa mengetahui level dan kualitas olinya apakah sudah kotor atau masih jernih.

Sehingga, lebih mudah mengontrol kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli matik atau melakukan flushing jika kondisi oli matik sudah cukup buruk.

Baca juga: Banyak yang Belum Paham, Perbedaan Ganti dan Kuras Oli Matik

Mekanik bengkel sedang melakukan pergantian oli matik dengan cara di kurasDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel sedang melakukan pergantian oli matik dengan cara di kuras

Caranya sendiri cukup mudah, hanya dengan mencabut dipstick oli matik maka hasilnya dapat diketahui. Jangan lupa untuk menyiapkan tisu atau lap guna membersihkan oli matik yang menempel pada ujung dipstick sebelum melakukan pengukuran.

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam melakukan pengecekan kualitas oli matik secara mandiri yaitu volume oli pada suhu dingin dan panas, kejernihan oli, serta bau khas oli matiknya.

“Level oli matik saat panas dan dingin itu beda, di stik olinya ada keterangan, jangan sampai kurang atau lebih. Perhatikan juga kejernihan oli dan baunya. Oli matik yang masih bagus memiliki bau dan warna yang khas,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Ini Penyebab Oli Matik pada Mobil Berkurang

Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.Kompas.com/Alsadad Rudi Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.

Ibrohim mengatakan, warna dan bau oli matik bisa dikatakan bagus jika masih sama dengan kondisi barunya, walau pun tidak sama setidaknya mendekati. Ini artinya, perlu mengetahui seperti apa bau dan warna oli matik yang baru untuk dijadikan perbandingan.

Menyediakan oli matik ukuran 1 liter di rumah bisa dilakukan, kalau dibutuhkan untuk menambah kalau takaran kurang. Selain itu, untuk mengenali oli matik yang digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.