Mulai Kompetitif, Vinales Siap Perbaiki Kelemahan di Kualifikasi

Kompas.com - 02/07/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales mulai sering terlihat masuk sepuluh besar. Dengan peraihan podium pertamanya dengan Aprilia, Vinales siap memperbaiki kekurangannya di musim ini.

Vinales berhasil naik podium pada MotoGP Belanda di Sirkuit Assen. Sebelumnya, Vinales juga sudah mulai terlihat kompetitif.

Baca juga: Naik Podium di MotoGP Belanda, Vinales Buktikan Dirinya Belum Habis

"Kami sudah kuat sejak di Austin, tapi sayangnya saya mulai balapan di posisi ke-14. Kami juga sangat kuat di Mugello, Barcelona, dan Sachsenring," ujar Vinales, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (2/7/2022).

Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Vinales menambahkan, dirinya menyadari bahwa dia punya cukup potensi untuk finis di posisi teratas. Namun, sebelumnya dia harus meningkatkan performanya saat kualifikasi.

"Pada dua balapan terakhir, kami start dengan bagus dan saya bisa berada di depan dengan cepat. Tapi, jika saya mulai lebih depan, kami bisa meraih hasil yang lebih baik lagi," kata Vinales.

Baca juga: Drama Kualifikasi MotoGP Belanda 2022, Vinales Nyaris Tabrak Miller

"Jadi, target utama kami tetap meningkatkan diri saat kualifikasi. Dari segi kecepatan saat balapan, kami sudah kuat," ujarnya.

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini asal Spanyol, Maverick Vinales (kanan) berlatih bersama timnya saat sesi latihan bebas balapan MotoGP GP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pembalap Aprilia Racing Team Gresini asal Spanyol, Maverick Vinales (kanan) berlatih bersama timnya saat sesi latihan bebas balapan MotoGP GP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Vinales mengatakan, karena beberapa alasan, dia tidak bisa tampil bagus saat kualifikasi. Dia mengaku tidak bisa menggali potensi motornya secara maksimum.

"Khususnya, ketika saya menggunakan ban belakang yang baru, motor jadi lebih memaksa ban depan. Hasilnya, saya sangat lambat di tengah tikungan. Kami harus menyesuaikan motor agar kami bisa mendapatkan catatan waktu yang lebih cepat," kata Vinales.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.