BMW Indonesia Fokus Persiapkan Teknisi untuk Kendaraan Listrik

Kompas.com - 01/07/2022, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Group Indonesia belum lama ini meresmikan training center atau pusat pelatihan baru yang akan difokuskan melatih teknisi untuk kendaraan elektrik.

Hadi Hadad, Head of Training BMW Group Indonesia, mengatakan, persiapan untuk mobil listrik menjadi salah satu prioritas tahun ini.

Baca juga: BMW Indonesia Resmikan Pusat Pelatihan Terbaru, Serap Lulusan SMK

"Untuk elektrifikasi, jelas training center yang duluan mempersiapkan. Jadi, sudah dari Desember kita mulai pelatihannya, terutama untuk teknisi," ujar Hadi, kepada wartawan, saat peresmian BMW Group Training Center di BSD, Tangerang Selatan, Kamis (30/6/2022).

BMW Group Indonesia resmikan BMW Group Training Center yang baruKompas.com/Donny BMW Group Indonesia resmikan BMW Group Training Center yang baru

Menurut Hadi, teknisi itu lebih penting dibandingkan tenaga penjual. Selain itu, pelatihan untuk teknisi juga memakan waktu yang cukup lama. Sehingga, sudah mulai dilakukan sejak Desember 2021.

"Kita sudah jalankan juga untuk Mini, sampai di hari peluncurannya kita tetap jalan pelatihannya. Pokoknya, terkait EV, sepanjang tahun ini akan selalu kita jalankan pelatihannya," kata Hadi.

Baca juga: Produksi i3 Resmi Berhenti, BMW Luncurkan Edisi Terakhir

Terutama teknisi, apa pun ceritanya, Hadi menambahkan, peluncuran tidak akan terjadi tanpa teknisinya siap untuk memperbaiki.

BMW Group Training CenterKompas.com/Donny BMW Group Training Center

Teknisi yang diberi pelatihan juga tidak sembarangan. Hadi menjelaskan, hanya yang sudah ada di level senior saja yang mendapat pelatihan untuk kendaraan listrik.

"Untuk pelatihan EV itu memang spesifik. Jadi, memang harus teknisi senior. Sebab, banyak modul khusus yang mereka harus kuasai dulu, baru boleh pegang mobil elektrik," ujar Hadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.