Mobil Mitsubishi Buatan Indonesia Sasar Pasar Australia

Kompas.com - 29/06/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut bahwa Mitsubishi telah berkomitmen akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor.

Bahkan, merek berlogo tiga bintang berlian ini juga menargetkan Australia sebagai salah satu negara tujuan ekspor baru dari total sembilan negara di masa mendatang.

"Pasar Australia ini sangat besar, apalagi kita sudah punya kesepakatan dagang sehingga sayang sekali bila tidak dimanfaatkan," katanya dalam keterangan resmi dikutip Antara, usai melakukan kunjungan ke Mitsubishi Motors Okazaki Plant di Jepang, Selasa (27/6/2022).

Baca juga: Menperin Sebut Ada 4 Kendala Perkembangan IKM Otomotif

Suasana pameran di stand Mitsubishi pada pembukaan IIMS Hybrid 2022 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (31/3/2022). MMKSI menampilkan total 7 unit display yang terdiri dari kombinasi varian untuk model New Xpander, New Xpander dengan aksesoris, New Xpander Cross, New Pajero Sport, dan model yang sedang dalam tahap studi pasar yaitu Minicab MiEV.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Suasana pameran di stand Mitsubishi pada pembukaan IIMS Hybrid 2022 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (31/3/2022). MMKSI menampilkan total 7 unit display yang terdiri dari kombinasi varian untuk model New Xpander, New Xpander dengan aksesoris, New Xpander Cross, New Pajero Sport, dan model yang sedang dalam tahap studi pasar yaitu Minicab MiEV.

Mitsubishi, tambah Agus, juga menargetkan kinerja ekspornya pada 2022 mencapai 72.000 unit atau naik 30.000 unit dibandingkan tahun lalu. Hal ini akan memberikan sumbangsih surplus neraca perdagangan sebesar Rp 7 triliun.

Kemudian, perseroan juga berkomitmen menambah negara tujuan ekspor dan memberikan izin kepada agen pemegang merek (APM) di Indonesia untuk menambah sembilan negara lagi yang menjadi total 39 negara.

"Tentunya, Mitsubishi akan meningkatkan pasar ekspor, jadi memberikan sumbangsih nyata pada kinerja ekspor Indonesia," kata Agus.

Mitsubishi saat ini merakit kendaraan penumpang di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Bekasi. Adapun model-modelnya ialah Mitsubishi Xpander, Mitsubishi Xpander Cross, Mitsubishi Pajero Sport, dan Nissan Livina.

Baca juga: Rangsang IKM Otomotif, BI Akan Berikan Insentif ke Perbankan

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr Hideaki Omura Aichi merupakan prefektur pusat industri manufaktur di JepangHumas Kemenperin Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr Hideaki Omura Aichi merupakan prefektur pusat industri manufaktur di Jepang

Tadinya, mobil niaga Mitsubishi Colt L300 juga dirakit di sana. Tapi, mulai tahun ini, produksinya dipindahkan ke Filipina.

Sebelumnya, merek otomotif Toyota sudah mengekspor mobil Fortuner ke Australia dari Indonesia. Mobil memiliki kandungan lokal hingga 80 persen ini sudah mengantongi standar keselamatan di negara tujuan.

Untuk diketahui, Australia merupakan pasar yang sangat penting bagi Indonesia. Terlebih, Indonesia dan Australia sudah terikat perjanjian perdagangan bebasComperhensive Economic Partnership Agreement(IA-CEPA).

Baca juga: Catat, Ini 11 Wilayah yang Harus Daftar Sebelum Beli Pertalite dan Solar

Adapun kunjungan Menperin ke Mitsubishi kali ini merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan kerja pada Maret 2021, di antaranya terkait dengan rencana penambahan investasi sebesar Rp 11,2 triliun hingga 2025.

Melalui penambahan investasi, Mitsubishi menargetkan peningkatan kapasitas produksi di Indonesia, dari 220.000 unit menjadi 250.000 unit kendaraan.

Rencananya, Mitsubishi akan memproduksi Xpander Hybrid dan dua model baru, yang salah satunya akan diproduksi pada 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.