Penyakit Umum Nissan Grand Livina Bekas, Mesin Ngelitik Boros BBM

Kompas.com - 26/06/2022, 10:41 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Nissan Grand Livina merupakan salah satu pilihan MPV yang nyaman untuk keluarga. Performa mesinnya pun sangat menarik, berbekal mesin 1.5 sudah bisa di andalkan menaklukan berbagai medan jalan. 

Pertama kali masuk pasar otomotif Tanah Air, Nissan Grand Livina hadir untuk menandingi penjualan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. 

Meski begitu, umumnya sejumlah penyakit terutama pada bagian mesin sering dialami para pemilik Grand Livina. Biasanya muncul karena pemilik menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan tidak sesuai spesifikasi pabrikan. 

Foreman Nissan Setiabudi Semarang Wisnu Wardhana mengatakan, sistem pengapian dan ruang bakar Nissan Grand Livina sangat sensitif soal penggunaan bahan bakar. Ciri-cirinya, mesin mengalami gejala ngelitik atau knocking. 

Baca juga: Daftar Harga Nissan Grand Livina Bekas Mulai Rp 60 Jutaan

"Karena penggunaan bahan bakar tidak sesuai dalam jangka panjang, efeknya membuat penurunan performa mesin mobil," ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Mekanik Astra Daihatsu Motor Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikanDicky Aditya Wijaya Mekanik Astra Daihatsu Motor Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan

Biasanya memasuki jadwal servis berkala, kata dia, keluhan para pemilik banyak sekali yang mempermasalahkan tarikan loyo, power tenaga mesin berkurang, dan konsumsi bahan bakar lebih boros. 

Wisnu melanjutkan, sesuai standar servis untuk menangani permasalahan ngelitik, perawatan yang dilakukan dengan membersihkan ruang bakar. Penumpukan defisit kerak karbon bisa saja terjadi karena pemakaian kualitas BBM di luar spesifikasi. 

"Perawatan pembersihan ruang bakar jika tanda ngelitik sudah dialami dan mempengaruhi performa. Bengkel menggunakan cairan carbon clean, ganti busi, menghilangkan kerak karbon di ruang bakar," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.