Toprak Jajal Motor Balap Yamaha YZR-M1, Ini Bedanya dengan Superbike

Kompas.com - 26/06/2022, 09:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toprak Razgatlioglu belum memiliki peluang untuk bergabung ke MotoGP. Namun, Yamaha tetap memberikannya kesempatan untuk mencoba YZR-M1.

Juara dunia World Superbike (WorldSBK) 2021 ini mencoba Yamaha M1 pada sesi tes privat di Sirkuit Aragon, Spanyol. Toprak pun langsung memanfaatkannya dengan melakukan 40 lap.

"Itu adalah pertama kalinya saya dengan Yamaha M1. Motor MotoGP terasa sangat berbeda dengan R1 saya. Lebih bertenaga, elektronik berbeda, girboks seamless, semua itu baru bagi saya," ujar Toprak, dikutip dari Speedweek.com, Minggu (26/6/2022).

Baca juga: Tolak Tim Satelit MotoGP, Toprak Pilih Bertahan di WorldSBK

Toprak menambahkan, dirinya banyak belajar seiring dengan setiap lap yang dia lakukan. Menurutnya, tidak mudah untuk beradaptasi dengan motor MotoGP.

Toprak Razgatlioglu jajal Yamaha M1Dok. Yamaha Racing Toprak Razgatlioglu jajal Yamaha M1

"Motornya terasa enak, khususnya saat trek lurus, di mana motor ini sangat kencang, dan rem karbonnya menarik," kata Toprak, yang juga baru pertama kali merasakan ban Michelin.

Dalam sesi tes ini, Toprak tidak sendirian. Dia ditemani oleh test rider Yamaha, yakni Cal Crutchlow.

Baca juga: Yamaha Tegaskan Belum Ada Tempat Buat Toprak Razgatlioglu

"Untungnya, Cal ada di sana, karena dia sangat membantu saya. Kondisinya sangat panas. Jadi, setelah 12 lap pertama, kami membatasinya dengan enam lap," ujar Toprak.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yamaha Racing (@yamaharacingcomofficial)

"Secara keseluruhan, ini adalah tes yang sangat positif. Meskipun saya hanya bisa melakukannya lebih sedikit dari yang saya inginkan karena hujan. Benar-benar sangat menyenangkan mengendarai motor MotoGP Yamaha," katanya.

Yamaha tidak membeberkan catatan waktu Toprak. Namun, kabarnya catatan waktu yang dia miliki tidak jauh berbeda dengan Crutchlow.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.