Mengenal Fitur Downhill Assist Control, Pengganti Engine Brake

Kompas.com - 22/06/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Downhill Assist Control (DAC) merupakan jawaban atas kekhawatiran pengguna mobil transmisi matik ketika melewati jalanan menurun. Pasalnya, tidak bisa melakukan engine brake seperti mobil transmisi manual.

Untuk mobil manual, begitu melewati turunan biasanya pengendara akan menurunkan transmisi ke gigi yang lebih rendah. Dengan demikian, laju kendaraan akan tertahan, sehingga berkendara pun terasa lebih aman.

Berbeda dengan mobil matik, yang tidak bisa menahan laju kendaraan saat melalui jalanan menurun kecuali mengandalkan dari fungsi rem utama. Hal ini sering dikeluhkan oleh beberapa pengguna mobil matik.

Baca juga: Fitur Hill Hold Control Suzuki XL7, Berguna Saat Mobil Menanjak

Persaingan SUV ladder frame yang saat ini diisi Fortuner, Pajero Sport, MU-X, dan Terra makin ramai.Kompas.com/Dio Persaingan SUV ladder frame yang saat ini diisi Fortuner, Pajero Sport, MU-X, dan Terra makin ramai.

Nah, dengan adanya DAC maka keluhan tersebut bisa teratasi. Pengguna mobil matik tidak perlu khawatir bila harus melalui jalanan menurun karena fitur terbaru ini akan dengan mudah menahan laju kendaraan Anda pada kecepatan tertentu tanpa menginjak pedal rem.

Melansir dari situs resmi Toyota Indonesia, DAC tidak bisa bekerja sendiri, melainkan dengan memadukan beberapa sistem kontrol seperti traction control, stability control, dan ABS.

DAC akan mulai bekerja ketika tombol diaktifkan saat melewati jalanan menurun. Begitu sensor roda mengetahui mobil mulai menggelinding bebas, maka informasi akan dikirim ke pusat sistem DAC agar dilakukan pengereman secara otomatis dan lembut.

Sehingga tidak menyebabkan selip yang mengakibatkan tergelincir serta tanpa harus melibatkan kerja pedal rem.

Baca juga: Mengenali Fitur “Hill Descent Control”

Rombongan Mitsubishi Outlander Sport Indonesia (MitOSI) Jelajah Sumatera ke Bukittinggi berpose di pantaiMitOSI Rombongan Mitsubishi Outlander Sport Indonesia (MitOSI) Jelajah Sumatera ke Bukittinggi berpose di pantai

Fitur DAC ini biasanya disematkan pada mobil SUV karena pada dasarnya mobil SUV memang dituntut untuk bisa melalui berbagai medan jalan termasuk jalanan yang terjal. 

Fitur seperti ini juga akan ditemukan di merek lain, tidak hanya Toyota. Hanya saja mungkin namanya berbeda, namun secara sistem hampir sama. Seperti Hill Descent Control (HDC) dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.