Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Hill Hold Control Suzuki XL7, Berguna Saat Mobil Menanjak

Kompas.com - 30/04/2022, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil di jalan menanjak menjadi salah satu momen menakutkan bagi sebagian orang. Pasalnya, ada kekhawatiran kehilangan momentum untuk menanjak apalagi saat lalu lintas padat.

COtomatis mobil akan berhenti sesaat sebelum memulai melaju kembali. Momen semacam ini kadang masih ditakutkan bagi sebagian pengemudi.

Namun, pemilik mobil baru kini tidak perlu khawatir lagi. Sebab, saat ini sudah banyak mobil modern yang dilengkapi fitur keselamatan berupa Hill Hold Control (HHC).

Baca juga: Fitur Kabin Suzuki XL7 Jadi Teman Perjalanan Merapah Trans-Jawa 2022

Salah satunya disematkan pada Suzuki XL7, yang menemani tim Merapah Trans-Jawa 2022 melintasi rute Jakarta sampai Probolinggo.

Sebagai informasi, Hill Hold Control berfungsi untuk menahan mobil kendaraan agar tidak meluncur di tanjakan atau turunan selama beberapa detik.

Suzuki XL7Kompas.com/Arghy Suzuki XL7

Tim redaksi pun penasaran dan mencoba fitur tersebut saat melewati tanjakan yang cukup curam. Hasilnya, saat hendak menanjak dari posisi diam, fitur ini memberikan jeda sekitar dua detik, sehingga ada jeda waktu untuk kaki dapat melepaskan rem dan berpindah ke tuas gas.

Namun harus diperhatikan, bahwa bantuan menahan pengereman pada fitur Hill Hold Control tidak berlangsung lama. Sebab, sifat kerjanya hanya menahan posisi mobil untuk sementara agar tidak mundur di tanjakan saat mobil berhenti sesaat.

Baca juga: Update, Skema One Way Berlaku Lagi, Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Lewat Jalan Arteri

Sebagai informasi, Merapah Trans-Jawa kali kelima ini berkolaborasi dengan Suzuki Indomobil Sales sebagai sponsor utama, didukung oleh Bodrex, dan Intiwhiz International.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com