Fitur Hill Hold Control Suzuki XL7, Berguna Saat Mobil Menanjak

Kompas.com - 30/04/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil di jalan menanjak menjadi salah satu momen menakutkan bagi sebagian orang. Pasalnya, ada kekhawatiran kehilangan momentum untuk menanjak apalagi saat lalu lintas padat.

COtomatis mobil akan berhenti sesaat sebelum memulai melaju kembali. Momen semacam ini kadang masih ditakutkan bagi sebagian pengemudi.

Namun, pemilik mobil baru kini tidak perlu khawatir lagi. Sebab, saat ini sudah banyak mobil modern yang dilengkapi fitur keselamatan berupa Hill Hold Control (HHC).

Baca juga: Fitur Kabin Suzuki XL7 Jadi Teman Perjalanan Merapah Trans-Jawa 2022

Salah satunya disematkan pada Suzuki XL7, yang menemani tim Merapah Trans-Jawa 2022 melintasi rute Jakarta sampai Probolinggo.

Sebagai informasi, Hill Hold Control berfungsi untuk menahan mobil kendaraan agar tidak meluncur di tanjakan atau turunan selama beberapa detik.

Suzuki XL7Kompas.com/Arghy Suzuki XL7

Tim redaksi pun penasaran dan mencoba fitur tersebut saat melewati tanjakan yang cukup curam. Hasilnya, saat hendak menanjak dari posisi diam, fitur ini memberikan jeda sekitar dua detik, sehingga ada jeda waktu untuk kaki dapat melepaskan rem dan berpindah ke tuas gas.

Namun harus diperhatikan, bahwa bantuan menahan pengereman pada fitur Hill Hold Control tidak berlangsung lama. Sebab, sifat kerjanya hanya menahan posisi mobil untuk sementara agar tidak mundur di tanjakan saat mobil berhenti sesaat.

Baca juga: Update, Skema One Way Berlaku Lagi, Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Lewat Jalan Arteri

Sebagai informasi, Merapah Trans-Jawa kali kelima ini berkolaborasi dengan Suzuki Indomobil Sales sebagai sponsor utama, didukung oleh Bodrex, dan Intiwhiz International.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.