Sisi Lain Vespa World Days 2022, Touring Jauh dan Tak Bisa Masuk Arena

Kompas.com - 12/06/2022, 14:34 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Suara deru mesin 2-tak yang diiringi oleh kepulan asapnya, menggema di Pantai Pandawa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia pada Sabtu (11/6/2022) sore.

Sahut-menyahut klakson, kerap mejadi media tegur sapa antar pengguna tanpa memandang model, kondisi, maupun harga kendaraannya. Asalkan memakai Vespa, semua merupakan satu saudara, begitu kata mereka.

Bahkan tidak sedikit yang membulatkan tekad untuk touring dari wilayah masing-masing seperti Mido Karno (51), Ketua Forum Vespa Sulawesi dari Makassar.

Baca juga: Konversi Vespa Listrik di Vespa World Days 2022, Hanya Butuh 2 Jam

Salah satu pecinta vespa, Mido Karno (51) sebagai Ketua Forum Vespa Sulawesi dari Makassar yang menghadiri Vespa World Days (VWD) 2022KOMPAS.com/Ruly Salah satu pecinta vespa, Mido Karno (51) sebagai Ketua Forum Vespa Sulawesi dari Makassar yang menghadiri Vespa World Days (VWD) 2022

Hal tersebut dilakukan demi memeriahkan Vespa World Days (VWD) 2022 yang dihelat untuk pertama kali di luar wilayah Eropa, yakni di Nusa Dua, Bali, Indonesia pada 9-12 Juni 2022.

Tapi, karena harga dan kuota tidak semua mendapatkan akses. Diketahui, harga tiket acara kelas dunia itu dijual dari Rp 250.000 sampai Rp 3,5 juta dengan kuota total 8.500 perserta. Jadi, sisanya tumpah ruah di sana.

"Saya melakukan perjalanan mulai Jumat (3/6/2022) Juni 2022 kemarin, sampainya di 8 Juni 2022. Kira-kira perjalanan sekitar Rp 5 juta," kata dia saat ditemui Kompas.com, Sabtu.

"Saya jalan bareng teman-teman sebanyak 270 unit motor. Ini merupakan sejarah bagi kami kapal Ferry dipenuhi Vespa. Kemudian ada yang nyusul, dibagi per-kloter," tambah pria berambut ikal panjang itu.

Baca juga: Museum Vespa, Ketika Klasik Akur dengan yang Matik

Salah satu pecinta vespa, Mido Karno (51) sebagai Ketua Forum Vespa Sulawesi dari Makassar yang menghadiri Vespa World Days (VWD) 2022KOMPAS.com/Ruly Salah satu pecinta vespa, Mido Karno (51) sebagai Ketua Forum Vespa Sulawesi dari Makassar yang menghadiri Vespa World Days (VWD) 2022

Tidak beda jauh dengan Mido, empat orang biker asal Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, juga nekat datang ke Bali lewat jalur darat demi bisa meramaikan acara sekaligus bersilaturahmi dengan komunitas lain.

Mereka membutuhkan waktu tiga hari agar bisa tiba di Bali. Rute yang mereka lalui dari Palangkaraya menuju Banjarmasin. Dari sana, mereka menyeberang ke Surabaya, Jawa Timur, kemudian masuk ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk di Jembrana.

"Dari Kalimantan mulai hari Senin (6/6/2022) kemarin sampai hari ini Rabu (8/6/2022), jadi tiga hari dalam perjalanan," kata Toni Hendarto (20), salah satu biker asal Palangkaraya.

Baca juga: Pabrik Vespa di Indonesia Akan Beroperasi Akhir Tahun 2022

Pulau Pandawa sebagai camping ground perhelatan VWD diramaikan oleh pecinta Vespa dari berbagai penjuru negeri, Sabtu (11/6/2022).KOMPAS.com/Ruly Pulau Pandawa sebagai camping ground perhelatan VWD diramaikan oleh pecinta Vespa dari berbagai penjuru negeri, Sabtu (11/6/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.