Cetak Rekor, Vespa World Days Jadi Atraksi Pariwisata Menarik di Bali

Kompas.com - 13/06/2022, 17:31 WIB
|

BADUNG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan Vespa World Days (VWD) 2022 di Bali, Indonesia.

Pasalnya, gelaran kelas dunia tersebut tidak hanya dihadiri ribuan dari penggemar Vespa tetapi juga berhasil menjadi atraksi menarik bagi para wisatawan dan masyarakat Bali.

"Saya sangat antusias dan mengapresiasi acara ini yang terbukti telah memecahkan rekor (kehadiran) peserta dan memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air," kata dia dalam keterangannya, Minggu (12/6/2022).

Baca juga: Pabrik Vespa di Indonesia Akan Beroperasi Akhir Tahun 2022

Pulau Pandawa sebagai camping ground perhelatan VWD diramaikan oleh pecinta Vespa dari berbagai penjuru negeri, Sabtu (11/6/2022).KOMPAS.com/Ruly Pulau Pandawa sebagai camping ground perhelatan VWD diramaikan oleh pecinta Vespa dari berbagai penjuru negeri, Sabtu (11/6/2022).

Dirinya pun berharap gelaran terkait bisa digelar kembali karena dapat membantu mempromosikan pariwisata di Indonesia. Terlebih, setelah perekonomian terdampak pandemi Covid-19 kemarin.

Diketahui, VWD berlangsung selama 9-12 Juni 2022 yang dipusatkan di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali. Selama empat hari itu banyak Vespitis dengan menggunakan berbagai tipe Vespa berkeliling Bali yang menarik perhatian masyarakat serta wisatawan di Bali.

Satu di antaranya, melakukan konvoi ke Desa Wisata Panglipuran, salah satu desa terbersih di dunia dan telah dianugerahi penghargaan desa wisata berkelanjutan UNWTO.

Rekor yang dicatat dari ajang tersebut adalah rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURDI) dimana VWD Bali sebagai rekor Asia karena untuk pertama kalinya Vespa World Day digelar di luar Eropa.

Baca juga: Cerita Pasangan Bule Italia Touring ke Bali demi Vespa World Days

Tuksedo Studio jadi destinasi wisata otomotif pada Vespa World Day 2022Dok. Tuksedo Studio Tuksedo Studio jadi destinasi wisata otomotif pada Vespa World Day 2022

Selain itu VWD 2022 juga masuk nominasi rekor dunia sebagai acara VWD dengan peserta terbanyak. Diketahui VWD Bali peserta yang terdaftar sebanyak 8.985 peserta padahal Vespa World Days biasanya dihadiri sekitar 6.000-an orang.

"Selamat kepada Ketua Pelaksana VWD 2022 Bali, Danny Mamesah juga Bli Ekayana selaku Ketua Vespa Club Indonesia, juga Tito Maula selaku Committee VWD 2022 atas suksesnya penyelenggaraan Vespa World Days 2022," kata Sandiaga.

Ia pun mendorong komunitas otomotif lain dapat menyelenggarakan acara serupa. Tidak hanya di Bali, tapi juga di destinasi-destinasi lain tanah air terutama 5 destinasi super prioritas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.