Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menakar Kemungkinan Vespa Elettrica Jadi Buatan Indonesia

BADUNG, KOMPAS.com - PT Piaggio Indonesia (PID) menargetkan operasional pabrik baru yang berada di kawasan Cikarang, Jawa Barat dimulai akhir tahun ini. Pada tahap awal, brand Vespa yang akan lebih dahulu masuk jalur perakitan.

Meski belum dinyatakan model atau serinya, diharapkan langkah tersebut mampu meningkatkan penetrasi bisnis perseroan di Indonesia.

Lantas, melihat dengan perkembangan sektor otomotif Indonesia, adakah kemungkinan pabrikan asal Italia itu memproduksi sepeda motor listrik, andalan Vespa Elettrica?

Mengingat, tren kendaraan listrik di dalam negeri, termasuk kendaraan roda dua kini sedang dalam perkembangan. Terbukti cukup banyak brand yang sudah bermunculan mulai dari buatan lokal sampai China.

Semuanya, mengincar ceruk pasar baru yaitu motor dengan tanpa emisi atau ramah lingkungan.

"Tidak ada batasan untuk apa yang bisa kita lakukan karena kita punya kapabilitas dan lokasi. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana menjalankan rencana tersebut," kata Managing Director & Country CEO PID, Marco Noto La Diega di Nusa Dua, Bali, belum lama ini.

"Kita tidak melakukan sesuatu dengan terburu-buru dan kita melakukan sesuatu dengan benar ketika semua yang dibutuhkan sudah ada," ucap dia, melanjutkan.

Beragam aspek yang dibutuhkan dimaksud, ialah jaringan, produk, serta teknisi dan infrastruktur pendukung. Sebab, kendaraan listrik merupakan suatu hal yang baru sehingga perlu dipikirkan matang-matang.

Namun ia mengakui industri kendaraan listrik menjadi hal yang menarik. Sehingga, perseroan kerap menaruh perhatian lebih terhadapnya agar mendapatkan perencanaan terbaik.

"Yang dibutuhkan tak hanya pabrik yang dibutuhkan tetapi juga jaringan, produk, dan teknisi. Jadi ditunggu saja," kata Marco.

Dalam kesempatan sama, ia mengatakan bahwa pihaknya akan memiliki produk edisi terbatas (limited edition) dan proyek untuk brand lainnya di bawah naungan Piaggio Group, yakni Piaggio, Moto Guzzi, dan Aprilia.

"Percayalah ini hanyalah permulaan. Akan ada banyak hal lainnya di waktu yang akan datang dan kami sangat bersemangat," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/14/100200515/menakar-kemungkinan-vespa-elettrica-jadi-buatan-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke