Ribuan Pengendara Langgar Ganjil Genap Saat Uji Coba Perluasan

Kompas.com - 13/06/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama uji coba perluasan ganjil genap pada 6-12 Juni 2022, Polda Metro Jaya memberikan sanksi berupa teguran terhadap 1.764 pengendara yang melanggar aturan.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam mengatakan, kendaraan-kendaraan tersebut terjaring petugas di 12 ruas jalan di DKI Jakarta yang baru saja diberlakukan pembatasan kendaraan dengan ganjil genap.

“Hasil rekap pelanggaran ganjil genap pada masa uji coba ganjil genap 6-12 Juni 2022, jumlah penindakan dengan teguran atau imbauan sebanyak 1.764,” ujar Jamal dalam keterangan resmi yang dikutip Kompas.com, Senin (12/6/2022).

Baca juga: Video Viral Tarif Pelat Nomor Pilihan 168 Disebut Lebih Mahal, Ini Penjelasan Polisi

Menurut Jamal, mayoritas pelanggar aturan ganjil genap terjaring petugas di lima ruas jalan, yakni Jalan Kramat Raya, Jalan Kyai Caringin, Jalan Pramuka, Jalan Gajah Mada dan Jalan Balikpapan.

Lebih rinci lagi, Jamal menjelaskan, untuk pelanggar di Jalan Kramat Raya sebanyak 193, Jalan Kyai Caringin 190 pelanggar, dan Jalan Pramuka sebanyak 179 pelanggar.

Kemudian, di Jalan Pramuka sebanyak 179 pelanggar, Jalan Gajah Mada 169 pelanggar, dan Jalan Balikpapan 135 pelanggar.

Polisi belum menilang pengendara mobil yang melanggar pemberlakuan ganjil genap di Jalan Pramuka, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, Senin (6/6/2022).KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Polisi belum menilang pengendara mobil yang melanggar pemberlakuan ganjil genap di Jalan Pramuka, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, Senin (6/6/2022).

“Dengan berakhirnya uji coba tersebut, kepolisian akan mulai menerapkan sanksi tilang terhadap pelanggar di 12 ruas jalan yang baru diberlakukan ganjil genap,” katanya.

Kebijakan ini bertujuan untuk membatasi mobilitas warga Jakarta dan sekitarnya dengan mobil pribadi yang sebelumnya hanya berlaku di 13 ruas jalan.

“Tepat hari ini, Senin (13/6/2022), penegakan hukum terhadap perluasan ganjil genap di 12 ruas jalan sudah mulai dilaksanakan,” ucapnya.

Adapun untuk jam operasional ganjil genap akan dimulai pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB dan sore dari pukul 16.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.