Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urai Kemacetan, Polisi Memberlakukan Contraflow di Cakung

Kompas.com - 10/06/2022, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem lawan arus atau contraflow akan diberlakukan di Jalan Sri Sultan Hamengkubuwono, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, mulai Senin (13/6/2022).

“Mulai 13 Juni 2022 besok, jalan di depan mal Grand Cakung sampai dengan perempatan Cakung-Cilincing akan diterapkan contraflow,” ucap Kepala Unit Lalu Lintas Cakung, AKP Eko Prihanto, dikutip dari Kompas.com, Kamis (9/6/2022).

“Penerapannya mulai pukul 06.00-10.00 WIB saja, sorenya tidak ada, hari libur nasional juga tidak ada,” lanjutnya.

Sementara itu, dalam keterangan resmi PT JTD Jaya Pratama selaku pengembang Jakarta Toll Road, contraflow diterapkan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas pada jam sibuk.

Baca juga: Cuaca Esktrem, Hindari Parkir Mobil di 3 Lokasi Ini

“Kepadatan yang terjadi di setiap jam puncak (peak hour) pagi (06.0-10.00 WIB) merupakan sasaran utama dalam pelaksanaan manajemen lalu lintas ini,” demikian keterangan dikutip dari siaran pers PT JTD Pratama.

Kontraflow yang diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek pada Jumat (2/4/2021) mulai KM 47-KM 61.(istimewa) Kontraflow yang diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek pada Jumat (2/4/2021) mulai KM 47-KM 61.

Adapun keputusan itu dilakukan berdasarkan keberhasilan uji coba contraflow yang dilakukan pada 3 sampai 11 Februari 2022.

Berdasarkan uji coba sebelumnya, penerapan contraflow dinilai cukup efektif dalam mengurangi kepadatan lalu lintas mulai depan Mal Grand Cakung sampai perempatan Cakung-Cilincing sebesar 20 hingga 24 persen.

Baca juga: Tips Anti Kemalingan Motor Saat Parkir, Cabut Kabel Ini

Skema contraflow ini dikhususkan untuk kendaraan roda empat golongan I agar dapat memasuki jalan tol Pologebang-Kelapa Gading melalui ramp jalan tol Bekasi Raya yang semula hanya satu arah menuju Bekasi.

Adapun pembagian jalur contraflow menjadi dua arah sepanjang 2 kilometer, kemudian kendaraan diarahkan kembali masuk jalan normal jalan tol menuju Kelapa Gading.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com