Kompas.com - 09/06/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik kendaraan roda empat harus memilih lokasi parkir yang aman agar terhindar dari tindak kriminal ataupun kerusakan pada bagian eksterior mobil.

Dalam memilih lokasi parkir, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan kendaraan, khususnya selama cuaca esktrem belakangan ini.

Beberapa kejadian yang kerap ditemui selama cuaca ekstrem, misalnya mobil yang rusak akibat tertimpa pohon dan reklame karena diterpa angin kencang.

Baca juga: Marak Pencurian Spion Mobil, Perhatikan Lokasi Parkir

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu memaparkan beberapa area yang rawan dijadikan tempat parkir saat cuaca sedang tidak baik; khususnya ketika hujan dan angin kencang.

1. Parkir di area yang banyak pohon besar. Pohon rawan tumbang saat cuaca ekstrem dan bisa mengakibatkan kerusakan parah pada kendaraan atau bahkan memakan korban jiwa.

"Hal ini karena pohon-pohon besar biasanya rawan tumbang, terutama saat terjadi hujan yang disertai angin kencang," ucap Jusri.

Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).

Baca juga: Ini Maksud Menyalakan Lampu Sein Saat Papasan di Jalan Sempit

2. Parkir di area terbuka yang memiliki kontur cekung. Area ini berisiko tergenang air saat hujan deras.

3. Parkir di dekat papan reklame. Kerap disepelekan, namun dampaknya sangat berbahaya khususnya saat terjadi angin kencang.

Lokasi parkir yang aman saat cuaca ekstrem atau kondisi cuaca tidak baik, di antaranya adalah parkir indoor dan parkir basement

"Basement juga aman, namun harus dipastikan bahwa lokasi gedungnya tidak berpotensi terkena banjir. Sebab pernah terjadi basement juga terendam akibat banjir," ucap Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.